بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Benda Diduga Meteor Melintasi San Fransisco
Go Green

Clock Link

Sunday, February 17, 2013

Benda Diduga Meteor Melintasi San Fransisco

Liputan6.com



California : Setelah jatuh di Rusia, benda angkasa yang diduga meteorit juga kabarnya melintas di San Francisco, California. Warga sekitar melaporkan bahwa mereka melihat bola api itu terbang pada Jumat (15/2) waktu setempat.

Seperti diberitakan laman ibtimes, Minggu (17/2/2013), cahaya menyilaukan yang melintas di langit San Francisco Bay itu tak mengakibatkan ledakan sonik, pecahan kaca atau kerusakan seperti yang ditimbulkan pasca-jatuhnya meteor di sekitar pegunangan Ural, Chelyabinsk, Rusia, pada Jumat pagi waktu setempat.

"Bola api itu terjadi setiap malam, di seluruh dunia," kata Mike Hankey, manager American Meteor Society di Pennsylvania State University sambil menambahkan bahwa bola api biasanya tak terlihat karena jatuh di lautan. Namun perhatian media pada peristiwa jatuhnya meteor di Rusia, membuat semuanya memperhatikan langit. Padahal menurut Mike, meteor itu biasanya terpecah menjadi potongan-potongan kecil dan sulit untuk ditemukan.

Rekan Mike, Jonathan Braidman mengatakan, bola api di California tampaknya merupakan bagian kecil dari sebuah meteor besar yang entah bagaimana bisa melintasi atmosfer bumi. Meskipun pihak berwenang setempat menerima puluhan panggilan terkait aktivitas aneh itu.

"Ini adalah kejadian yang sangat umum," kata Braidman yang juga mengatakan peristiwa jatuhnya meteor jarang sekali begitu dekat ke tempat manusia tinggal.

Tak seperti di Rusia yang ledakan meteornya mencederai ratusan orang, lintasan benda angkasa yang melintas mendekati bumi di California sama sekali tak menimbulkan efek.

"Hal itu tampak seperti yang saya lihat pada Oktober tahun lalu, tapi bentuknya sedikit lebih kecil," kata saksi mata bernama Gina Johnson yang mengabadikannya melalui kamera yang ada di dashboard mobilnya.

"Itu (bola api) berwarna kehijauan seperti yang di bulan Oktober. Semua orang di tempat parkir berhenti dan menatapnya, " tambah Gina yang mengabadikannya pada pukul 07.44 waktu setempat ketika menuju ke selatan menuju semenanjung Pantai San Francisco. (Tnt)

No comments:

Post a Comment