بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Anak Sulit Membaca? Mungkin Disleksia
Go Green

Clock Link

Monday, February 11, 2013

Anak Sulit Membaca? Mungkin Disleksia


Tanya: Saya mempunyai saudara yang divonis dokter mengidap disleksia. Saya baca artikel d internet tetapi kurang jelas tentang penyakit ini. Bisa dijelaskan dengan lebih detail?Arfi, Jakarta Jawab: Hai, Arfi. 

Pertama, kita mulai terlebih dahulu dengan pengertian disleksia. Ada banyak definisi tentang disleksia, tetapi yang dianut secara umum adalah: adanya gangguan mendasar pada proses yang berkaitan dengan membaca. 

Angka disleksia di negara-negara maju adalah sekitar 15%, tetapi belum ada penelitian di negara kita. Disleksia lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki. Hal ini masih harus ditelusuri lebih lanjut apa penyebabnya, tetapi jenis kelamin bukanlah faktor risiko terjadinya disleksia. 

Anak yang disleksia biasanya mengalami hal berikut: - ada keterlambatan pada produksi bahasa (bicara) - ada kesulitan dalam artikulasi/pengucapan ketika bicara - ada kesulitan dalam mengingat huruf, angka, ataupun warna 

Untuk mendiagnosis disleksia, kita harus memeriksa sang anak dari berbagai aspek yaitu membaca, berbicara, bahasa, serta evaluasi pendengaran. Evaluasi terhadap kondisi psikis anak pun harus dilakukan. 


dr. Alan Goni

Penanganan terhadap kondisi ini adalah dengan intervensi di bidang pendidikan, misalnya dengan permainan kata-kata, menggabungkan aspek suara lalu si anak harus menuliskan bunyi suara tersebut. Interaksi dengan komputer juga dapat membantu perkembangan anak disleksia. 


dr. Alan Goni www.MeetDoctor.com

No comments:

Post a Comment