بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Makanan-Makanan Unik Khas Nusantara
Go Green

Clock Link

Thursday, January 31, 2013

Makanan-Makanan Unik Khas Nusantara

INDONESIA memang pantas diacungkan jempol bila bicara kuliner. Kekayaan alam membuat masyarakat Indonesia pandai mengolahnya hingga menjadi makanan sedap.

Bukan hanya makanan lezat yang dikreasikan, juga makanan-makanan unik. Berikut beberapa di antara yang dimiliki Indonesia, seperti dipaparkan Arie Parikesit, pemerhati kuliner Indonesia, kepada Okezone saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta, belum lama ini:
Quote:KAWOK
Kawok atau tikus hutan, makanan ini disajikan di daerah Sulawesi Utara, tepatnya Kawanua, Manado. Kawok biasanya hidup di hutan dan makan rumput. Di Manado, kawok biasanya dipanggang atau dibuat makanan pedas, seperti rica-rica. Tekstur dagingnya mirip daging kalkun.

KAPURUNG


Kapurung semacam bubur sagu, tapi berbentuk bulat, dengan tambahan sayuran dan seafood, seperti udang, cumi, kerang, ikan tongkol dan ikan tuna. Hidangan ini memakai asam papikala, yang mirip honje atau kecombrang. Makanan asal Makasar ini tidak perlu disantap memakai nasi karena kadar karbohidratnya sudah didapatkan dari kapurung.


BULUNG


Bulung merupakan rumput laut yang kandungan gizinya sangat baik, bahkan sering kali dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Makanan ini bisa dijumpai di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali, biasanya dibuat salad, diberi kuah pindang, ataupun diberi taburan kelapa dan kacang-kacangan. Teksturnya renyah yang berasal dari rumput laut.


KETUPAT BABANCI


Makanan ini sering dijumpai di Jakarta karena merupakan khas Betawi. Bahannya dari kepala sapi; dagingnya diambil lalu dimasak dengan kuah santan dan aneka rempah lokal.

Salah satu rempah yang dipakai adalah temu mangga yang berwarna kuning dan berbentuk rimpang. Dinamakan temu mangga karena aromanya mirip mangga. Makanan ini semacam gulai, tidak ketinggalan diberikan kelapa muda serut dan biasanya dimakan dengan ketupat.


TELUR TEBU


Telur tebu merupakan makanan khas Betawi. Tampilannya semacam lodeh, yang biasanya dihantarkan kepada calon besan atau mertua dan dipakai sebagai kelengkapan melamar, selain dodol dan roti buaya. Kini, telur tebu sulit dicari.


SAYUR ASEM ROTAN MUDA


Makanan ini bisa ditemukan di daerah Banjarmasin, diolah benar-benar dari rotan, tetapi rotan muda. Rasanya mirip rebung, teksturnya sangat renyah ketika dimakan, lalu dimasak bersama sayur asem.


BOTOK TAWON


Makanan ini bisa dijumpai di Pulau Jawa, yang dibuat dari sarang tawon masih muda, dan dimasak dengan memakai berbagai bumbu. Kemudian, dibungkus dengan daun pisang dan direbus seperti botok.


AMPIANG DADIAH


Ampiang dadiah dibuat dari susu kerbau yang dikoagolasi dan diberikan asam dari jeruk nipis. Ini semacam yogurt lalu dimakan dengan ampiang seperti sereal dan diberi gula merah. Jadi, semacam makan yogurt, tapi ini ala Sumatera Barat.


http://www.okefood.com/read/2013/01/25/299/751613/makanan-makanan-unik-khas-nusantara

No comments:

Post a Comment