بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Paus Langka Terlihat di Selandia Baru
Go Green

Clock Link

Thursday, November 8, 2012

Paus Langka Terlihat di Selandia Baru




Washington (AFP/ANTARA) - Paus paling langka di dunia - yang sebelumnya hanya diketahui lewat tulangnya - terlihat di Selandia Baru di tempat seekor induk betina dan anak pejantannya ditemukan, lapor Current Biology.

Paus bergigi sekop, atau Mesoplodon traversii, sebelumnya tidak pernah terlihat dalam bentuk hidup, hanya diketahui dari sampel tulang dan itu tidak jelas apakah spesies itu yang telah punah atau belum.

“Ini adalah pertama kalinya bagi spesies ini - ikan paus dengan panjang lima meter lebih – terlihat dalam spesimen yang lengkap, dan kami cukup beruntung untuk menemukan dua dari paus jenis ini,” kata Rochelle Constantine dari University of Auckland.

“Sampai sekarang, semua yang kita tahu tentang paus berparuh dan bergigi sekop itu adalah dari tiga bagian tengkorak terpisah yang dikumpulkan dari Selandia Baru dan Chile selama 140 tahun. Sungguh luar biasa bahwa kita tahu hampir tidak ada mamalia sebesar ini,” katanya.

Paus itu ditemukan terdampar di pantai Opape, Selandia Baru pada Desember 2010, jelas laporan itu. Pada saat itu, sejumlah pejabat memeriksa paus itu dan mengambil beberapa sampel jaringan.

Paus itu kemudian diidentifikasi bukan sebagai paus bergigi sekop tapi sebagai paus berparuh Gray seperti pada umumnya. Kemudian DNA menunjukkan bahwa sebenarnya mereka adalah jenis yang paling langka, whalewise.

Tidak jelas mengapa spesies itu - yang diidentifikasi melalui tulangnya yang ditemukan pada 1872 - tetap sangat sulit dipahami manusia.

“Mungkin mereka hanya spesies di lepas pantai yang hidup dan mati di perairan laut dalam dan jarang muncul di pantai,” kata Constantine. “Selandia Baru dikelilingi oleh lautan besar. Ada banyak kehidupan laut yang masih belum kita ketahui.” (kn/ik)

No comments:

Post a Comment