بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Konflik Lampung Berpotensi SARA Pemerintah Harus Serius
Go Green

Clock Link

Friday, November 2, 2012

Konflik Lampung Berpotensi SARA Pemerintah Harus Serius

sumber: TRIBUNNEWS.COM


JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menegaskan, pemerintah harus cepat tanggap terkait bentrokan antar warga yang terjadi di Lampung Selatan.

"Ini harus ditangani secara serius. Pemerintah harus serius dan diselesaikan," ujar Jusuf Kalla usai menghadiri HUT Ke-48 Partai Golkar di JIExpo, Jakarta, Rabu (31/10/2012).

Menurut JK yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ini, jika pemerintah tidak cepat tanggap maka dikhawatirkan konflik tersebut merembet menjadi konflik SARA.

"Jangan menjadi konflik yang sarat dengan sara, sangat berbahaya," tutur JK yang juga Tokoh Nasional dari Golkar ini.

Sebelumnya di lain pihak, Kementerian Agama membantah pertikaian antar kampung Desa Bali Nuraga, Way Panji dan Desa Agom, Kalianda, yang menyebabkan 10 orang tewas dilatarbelakangi persoalan SARA.

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI , Gde Yudha Triguna, menjelaskan, bentrokan tersebut merupakan tindak pidana murni dan tidak ada kaitannya dengan SARA.

Yudha, meminta agar masyarakat Hindu di Lampung tetap menjaga toleransi kerukunan umat beragama yang telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

Menurutnya, ada sejuta masyarakat Bali di Lampung. Mereka datang ke Lampung untuk mengikuti program transmigrasi sejak tahun 1963.

No comments:

Post a Comment