بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Inilah Makna Dari Kata "Juragan"
Go Green

Clock Link

Friday, November 23, 2012

Inilah Makna Dari Kata "Juragan"

A. Latar Belakang Masalah

Pernahkan Anda mendengar kata "Raden", "Aden" , "Den"? Tidak asing bukan di telinga Anda?
Yah, menurut artikata.com (2012), Raden adalah "gelar putra dan putri raja". Jadi, setiap orang yang memiliki keturunan dari seorang bangsawan, menyandang gelar "Raden". Nah, bagaimana dengan kata "Juragan, "Agan", "Gan"? Untuk menjelaskan makna dari kata tersebut, maka oleh karena itu saya membuat thread dengan judul "Inilah Makna Dari Kata 'Juragan'"

B. Rumusan Masalah

1. Apakah yang dimaksud dengan kata "Juragan"?
2. Apakah makna kata "Juragan" secara umum sama dengan makna kata "Juragan" yang sering kita ucapkan di Kaskus?

C. Batasan Masalah
Agar tidal melebar ke sapaan-sapaan lain, maka thread ini hanya hanya dibatasai pada makna dari kata "Juragan" saja.

D. Tujuan Penulisan

1. Untuk mengetahui apa makna dari kata "Juragan".
2. Untuk mengetahui apakah makna dari kata "Juragan" secara umum sama dengan makna dari kata "Juragan" yang sering kita ucapkan di Kaskus.

E. Manfaat Penulisan

1. Bagi Kaskuser, dapat mengetahui arti dari kata "Juragan" dan perbedannya dalam forum Kaskus.
2. Bagi TS, supaya mendapatkan cendol.

F. Kajian Teori

Di dalam forum Kaskus, tentu kita sering membaca tulisan "Juragan", "Agan" dan "Gan". Bagi yang belum tahu tentu itu hanyalah sapaan untuk sesama kaskuser saja tanpa makna apa-apa. Namun ternyata kata "Juragan" itu memliki makna tersendiri di forum Kaskus.

Berdasarkan apa yang terdapat dalam artikata.com (2012), di situ sebutkan bahwa juragan adalah sapaan terhadap majikan dari seorang pembantu (orang yang bekerja untuk majikannya dan diberi upah). Biasanya jika majikannya seorang laki-laki maka dia akan memanggilnya dengan sebutan "Juragan Tuan", namun jika majikannya seorang perempuan makan dia akan memanggilnya dengan sebutan Juragan Nyonya".

Tentu saja di dalam forum kaskus, kita tidak menyebut kaskuser dengan sebutan "Juragan", dengan memposisikan diri kita sebagai pembantu/bawahan dia . Ada makna lain dari kata "Juragan" di dalam forum Kaskus ini. Ghie (2010) menyebutkan bahwa "Sebutan 'gan' dalam Kaskus tak lebih upaya penghormatan bagi sesama anggota forum". Jadi, "Juragan" di dalam forum kaskus digunakan sebagai bentuk penghormatan untuk menghormati sesama kaskuser satu sama lain. Tentu saja tidak ada majikan yang akan memanggil kembali "Juragan" kepada pembantunya di kehidupan nyata. Namun di dalam forum kaskus ini, tidak ada yang namanya "pembantu", semuanya adalah majikan karena semuanya dipanggil "Juragan". Sehingga setiap kaskuser itu secara otomatis akan dihormati oleh kaskuser lainnya.

G. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulannya dari thread ini adalah bahwa:

1. Makna dari kata "Juragan" adalah sapaan dari pembantu kepada majikannya.
2. Perbedaan antara "Juragan" di dalam kehidupan nyata dan "Juragan di dalam forum Kaskus adalah jika didalam kehidupan nyata, "Juragan" digunakan sebagai sapaan dari pembantu untuk majikannya, sedangkan di dalam forum kaskus, "Juragan" digunakan sebagai sapaan untuk menghormati sesama anggota Kaskus, tanpa ada yang memposisikan sebaga seorang pembantu dari seorang majikan. 


H. Daftar Pustaka

artikata.com. 2012. Definisi: juragan. [Online]. http://www.artikata.com/arti-332218-juragan.html. [14 November 2012]

artikata.com. 2012. Definisi: raden. [Online]. http://artikata.com/arti-346664-raden.html. [14 November 2012]

Ghie, AA. 2010. APA SIH ARTI KATA PERTAMAX, GAN, TRIT TKP DLL DALAM KOMENTAR FORUM INTERNET?. [Online].http://biroe88.cahbag.us/2010/04/apa...-trit-tkp.html [14 November 2012]

No comments:

Post a Comment