بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Camilan Sebelum Tidur: Apa yang Anda Makan Memengaruhi Tidur Anda
Go Green

Clock Link

Monday, November 12, 2012

Camilan Sebelum Tidur: Apa yang Anda Makan Memengaruhi Tidur Anda

sumber: yahoo.com


Makanan yang kita santap pada siang hari memengaruhi tingkat energi kita, juga berapa lama waktu kita tertidur. Setiap orang mencerna makanan dengan kecepatan yang berbeda, ada beberapa makanan yang lebih mudah untuk dicerna dibandingkan dengan yang lain. 

Anda harus mendapatkan keseimbangan yang tepat, karena bila perut terlalu penuh, Anda akan sulit tidur. Begitu pula jika lapar. 

Vanessa Quarmby dari Yorkshire Dietician menjelaskan, "Jika Anda tidur pada tengah malam dan makan di pukul 20.00 secara teratur, maka tidak ada masalah. Namun, jika Anda berencana untuk tidur lebih awal, makan pada pukul 20.00 bisa mengganggu tidur Anda. Hindari makanan berat dua jam sebelum tidur." 

Gangguan pencernaan Hindari makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan. Bawang, coklat, makanan pedas, teh dan kopi dapat menyebabkan refluks — naiknya asam lambung ke kerongkongan — yang benar-benar mengganggu tidur. 

Alkohol Alkohol juga memiliki efek yang sama, serta mendorong tubuh untuk memproduksi adrenalin lebih banyak, sehingga sebaiknya dihindari sebelum tidur. 

Makanan dengan indeks glikemik rendah "Mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dapat membantu gula darah stabil yang membantu menjaga tingkat energi Anda, hal itu juga akan membantu mencegah Anda ingin memakan biskuit," jelas Vanessa. 

Karbohidrat Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memakan pasta, karena memakan karbohidrat akan meningkatkan produksi serotonin, yang membantu tidur.

Vitamin D Makan malam yang kaya akan vitamin D akan meningkatkan mood dan membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik, seperti minyak ikan, (salmon, makarel, sarden, trout, pilchard), dan produk yang diperkaya vitamin D seperti sereal utnuk sarapan, margarin, dan telur. 

Sedikit dan sering Makan teratur adalah cara terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan makanan dan makan dalam jumlah besar dalam sekali makan akan memberikan beban yang terlalu berat pada sistem pencernaan. 

Vanessa menambahkan, "dan jika Anda tidak makan sepanjang hari Anda pasti ingin memakan makanan yang kadar lemak dan gula yang tinggi dan memiliki sedikit nilai gizi." 

Kehati-hatian juga harus diberikan kepada keseimbangan diet secara keseluruhan, karena hal itu bisa menciptakan siklus: kekurangan tidur menyebabkan peningkatan konsumsi kalori, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan naiknya berat berhubungan erat dengan masalah tidur. 

Suplemen tambahan Jika Anda tidak dapat mengonsumsi makanan yang bervariasi, seimbangkan dengan multivitamin dan suplemen mineral yang akan bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment