بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Hal -hal Kecil Ternyata Dapat Menyelamatkan Lingkungan
Go Green

Clock Link

Monday, October 15, 2012

Hal -hal Kecil Ternyata Dapat Menyelamatkan Lingkungan



Kalau kita ngomongin lingkungan pastinya banyak Item yang bisa kita bahas dari Udara, tanah, air bahkan manusia. Ngomongin tentang penyelamatan lingkungan bisa dari berbagai sisi kita bisa lakuin, tapi biasanya kita ngeliat gejala besarnya aja, hingga kita beranggapan “ah ga mungkin bisa memperbaikinya, ini sudah menglobal sifatnya” padahal sebenernya nih gan hal tersebut bisa kita lakukan melalui hal – hal kecil dalam kebiasaan kita sehari- hari misalnya kaya ini nih.

Hal pertama: 

Anda perlu Menanam atau meletakan tanaman di sekitar rumah kita

Karena selain ngebuat rumah Anda jadi adem juga dapat mengurangi polusi yang berlebihan


Beli peralatan elektronik dan lampu yang hemat energy

Harganya memang lebih mahal dari pada yang tidak hemat tapi sebenarnya harga tersebut terbayar dengan penghematan energi yang dilakukannya.

Jangan lupa juga Mematikan lampu yang tidak digunakan dan cabut stop kontak

Sempatkan mematikan lampu bila agan meninggalkan suatu ruangan yang tidak digunakan. Kegiatan memati- hidupkan lampu hanya memakan energy tidak lebih dari 5 detik bila dibandingkan lampu yang menya laterus-menerus dan jangan lupa juga gan buat cabut stop kontak agar listrik benar” mati, karena buat peralatan yang punya fitur jam seperti digital timer,remote control atau stand by mode, setidaknya kita bisa mengurangi emisi CO2 yang luar biasa dari penghematan Energy listrik.


Kecil itu Indah &Hemat: 

Biasain gunain Air secukupnya dan jangan biarkan air menetes

Setidaknya hal ini bisa menjaga pasokan air bersihgan..apabila musim kemarau tiba dan yang pasti akan menghemat banyak tagihan juga 



Gunain bahan bakar alami dan selalu cek tekanan ban dan jadwal service kendaraan agan


Kalo di Indonesia tersedia bio solar dan bio petramax dan lebih keren lagi nih gan jika gunain bahan bakar hydrogen, juga jangan lupa untuk ngejaga kondisi kendaraan agan pada kondisi Optimal hal ini bisa menghemat 5% penggunaan bahan bakar gan.


Kurangin juga pemakaian kertas yang berlebihan

Biasain gunain kertas seefisien mungkin gan terutama di tempat kerja atau dalam aktivitas Bila hanya untuk menulis draft atau catatan gunakan kertas bekas (yang satu sisinya telah terpakai) dan gunakan juga email internal dan software perkantoran untuk ngebuat laporan internal.

Menggunakan sepeda atau Jalan kaki juga merupakan hal kecil juga loh



Bila Agan hendak pergi kewarung atau toko yang dekat, Jangan gunakan mobil atau motor. Naik sepeda atau jalan kaki lebih sehat karena agan sekaligus berolah raga.


Remukkan botol plastic setelah digunakan


Biasain juga buat ngebeli minuman dalam kemasan yang mudah diremukkan, karena hal ini juga merupakan salah satu langkah kecil yang dapat memberikan suatu perubahan terhadap lingkungan kita

No comments:

Post a Comment