بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bung Karno Berjas Putih di Madame Tussauds
Go Green

Clock Link

Tuesday, September 25, 2012

Bung Karno Berjas Putih di Madame Tussauds

sumber: Liputan6.com




Bangkok: Gagah, berjas putih lengkap dengan lambang pangkat, bertongkat komando, senyum mengembang. Sebuah sosok sempurna untuk replika mantan presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Figur yang terbuat dari lilin ini merupakan rancangan Museum Madame Tussauds Bangkok, Thailand. Mulai Senin (24/9), Soekarno diabadikan oleh museum yang tenar oleh patung lilinnya itu.

Peresmian sosok Soekarno dihadiri oleh putrinya yang juga mantan Presiden RI, Megawati Sukarnoputri. Replika tersebut nantinya akan masuk di seksi History and Leader. Menurut budayawan Bambang Asrini Widjanarko, sosok Soekarno adalah yang paling cocok mewakili Indonesia di mata dunia. "Tidak ada (presiden Indonesia) yang sekuat Soekarno," kata Bambang.

Disayangkan oleh Bambang adalah penempatan patung Soekarno yang harusnya berada di pusat Museum Madame Tussauds di London, Inggris. Sebab Soekarno merupakan tokoh dunia yang saat itu sejajar dengan Presiden AS John F.Kennedy atau pemimpin Uni Soviet Nikita Kruschev.

Sedangkan untuk pemilihan sosok Soekarno yang diperlihatkan dengan jas putih dengan lambang pangkat, dianggap Bambang tepat. Karena secara sejarah, Soekarno adalah orang sipil. "Di setiap acara resmi ia menggunakan tongkat komando. Menunjukkan supremasi sipil yang saat itu setara militer."

Selain replika Soekarno, Museum Madame Tussauds Bangkok memiliki tiruan Bruce Lee, Michelle Yeoh, Justin Bieber, Lady Gaga, Madonna, dan Michelle Obama. Museum ini merupakan satu dari sekian cabang Madame Tussauds yang berpusat di London.(NatGeo/ADO)

No comments:

Post a Comment