بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Serbuan Mobil Murah asal Korea yg Mulai Banjiri Indonesia
Go Green

Clock Link

Friday, August 10, 2012

Serbuan Mobil Murah asal Korea yg Mulai Banjiri Indonesia

sumber: http://www.jurnas.com/halaman/5/2012-02-04/197823



MOBIL-MOBIL yang diproduksi pabrikan asal Negeri Ginseng Korea Selatan mulai saling salip menyalip dan saling bersaing memperebutkan pasar otomotif di Indonesia. Bisa dikatakan, kehadiran mobil Hyundai dan KIA, di pasar otomotif Indonesia, terus menunjukkan grafik penjualan yang signifikan. Keduanya bahkan disebut-sebut sebagai ancaman bagi produsen mobil Jepang dan Eropa. 

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bahwa sejak Januari-November 2011, Hyundai mampu menyerap pasar sebanyak 4.279 unit. Sedangkan KIA mampu menyaingi Hyundai dengan penjualan yang mencapai 7.801 unit sepanjang 11 bulan pada 2011. Ini artinya, penjualan mobil KIA lebih tinggi bila dibandingkan dengan mobil Hyundai. 

Picanto terbilang sukses menjadi tulang punggung dan membawa penjualan KIA melesat di Indonesia. Tercatat sejak Januari-November 2011, mobil jenis city car ini mampu terjual 4.524 unit. Namun, respons konsumen juga tidak kalah bagus terhadap hatchback besutan KIA, yaitu All New Rio. Sebulan setelah diluncurkan, All New Rio sudah mampu terlego sebanyak 447 unit. Penyumbang terbesar penjualan KIA juga datang dari SUV andalannya, Sportage. Mobil berdesain garang ini berhasil terserap pasar sebanyak 925 unit. 

Sementara Hyundai masih mengandalkan Avega sebagai penyumbang terbesar penjualannya. Selama 11 bulan 2011, Avega sudah terjual 989 unit. Sementara itu, penyumbang kedua terbesar masih berasal dari generasi terbaru Avega, yaitu Grand Avega. Mobil yang diluncurkan saat ajang Indonesia International Motor Show 2011 ini ternyata banyak diminati konsumen. Hyundai mampu menjual Grand Avega sebanyak 749 unit. Hanya saja, kesuksesan itu tidak menjalar pada sedan terbarunya, Sonata. Sedan premium bergaya sporty yang diluncurkan berbarengan dengan Grand Avega ini, hanya mampu terjual sebanyak 20 unit. Hal ini tentu saja tidak sebanding dengan target yang ingin diraih pabrikan dari Negeri Ginseng ini. 

"Kami sangat bersemangat setelah mencatat rekor penjualan di atas 2,4 juta kendaraan. Kami akan memanfaatkan momentum ini untuk memasuki tahun 2012 dengan menyajikan produk baru guna memenuhi keinginan konsumen di seluruh dunia," kata Thomas Oh, Senior Executive Vice President & COO Kia Motors Corporation. Untuk tahun 2012, Hartanto Sukmono, mengatakan yakin penjualan otomotif akan lebih tinggi. Kia sendiri akan berkonsentrasi pada penjualan trio model yang diluncurkan pada tahun 2011 yang lalu. "Kami juga meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan perbaikan fasilitas jaringan dan layanan purnajual," katanya.

No comments:

Post a Comment