بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: perbedaan ramen & udon
Go Green

Clock Link

Thursday, August 9, 2012

perbedaan ramen & udon


mie ramen memang menjadi makanan yang cukup booming di indonesia setidaknya dalam 1-2 tahun terakhir, dapat kita lihat banyak sekali bermunculan rumah makan baru yang menjual ramen, banyak juga rumah makan yang sudah lama berdiri mendadak menambahkan mie ramen dalam menu yang disajikannya.

jika kita lihat, rumah makan yang menyediakan mie ramen biasanya juga menyediakan mie udon si daftar menunya, bahkan biasanya harganya sama persis, lalu, apa bedanya ramen & udon?

1. Ramen


banyak sekali terjadi kesalahpahaman tentang ramen, banyak yang mengatakan bahwa ramen adalah makanan asli jepang. memang, ramen merupakan makanan yang sangat populer di jepang, tetapi hidangan mie ramen merupakan hidangan yang berasal dari china. 

ciri khas dari ramen adalah bentuk mienya yang tipis dan berwarna kuning, sekilas jika dilihat memang mirip mie instan yang ada di indonesia, hanya saja diameter mie ramen sedikit lebih kecil.
ramen biasanya dilengkapi dengan telur rebus, daun bawang, dan potongan daging (di jepang biasanya menggunakan daging babi)

mie yang terbuat dari tepung terigu ini memiliki berbagai pilihan kuah, dan beberapa pilihan kuah ada 2 yang cukup populer yaitu rasa kecap asin dan rasa miso.


2. Udon


ada hal yang menarik tentang udon, di jepang, udon telah dibuat standar pembuatannya sendiri, jika udon tersebut berbentuk pipa, maka diameternya harus lebih dari 1,7 mm. selain itu jika udon tersebut berbentuk pipih, maka lebarnya harus lebih dari 1,7 mm.
jika kurang dari itu maka mie tersebut sudah tidak bisa lagi disebut udon, melainkan disebut hiyamugi.

di beberapa rumah makan di indonesia, kuah ramen dan udon seringkali dibuat sama, padahal di jepang keduanya memiliki kuah yang relatif berbeda. di jepang udon memiliki 2 jenis kuah yang umum, yaitu kuah gelap(asin), dan kuah bening(tidak asin). udon sering kali dimakan dengan berbagai macam lauk kering seperti tempura

selain dihidangkan dalam keadaan panas, udon juga dapat dihidangkan dalam keadaan dingin, jadi rebusan udon terbut biasanya disiram dengan air es, umunya udon dingin ini dimakan saat musim panas tiba.

No comments:

Post a Comment