بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: FOTO: Banjir Besar & Tanah Longsor Yang Menghantam Kota Ambon
Go Green

Clock Link

Thursday, August 2, 2012

FOTO: Banjir Besar & Tanah Longsor Yang Menghantam Kota Ambon



Ancaman siklon tropis Saola akan terjadinya banjir telah terjadi Kota Ambon. Hujan deras yang terjadi sejak Selasa hingga dini hari tad membuat sebagian besar wilayah di Kota Ambon dan sekitarnya terendam banjir.

Kepala Pusat Komunikasi dan Informasi Badan Nasional enanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, wilayah yang terendam banjir yakni Galala, Lateri, Passo, Laha - Tawiri di Leitimur Selatan dan sekitarnya.

Beberapa titik juga diterjang longsor meskipun tidak terlalu besar. Daerah yang terkena longsoran dan genangan air antara lain Batu Gajah, Mangga Dua, Karang Panjang, Batu Merah, Kebun Cengkeh, Ahuru, Galala, Lateri, Passo, Nania Negeri Lama, Wayame, Hatiwe Besar, Tawiri dan Laha.

"Tujuh orang meninggal dunia. Satu orang meninggal di BTN Kanawa, dua orang meninggal di daerah Negeri Lama, dan empat orang di Wayori Passo," kata dia dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Rabu (1/8/2012).

Sebagian besar permukiman warga terisolir sehingga perlu dievakuasi dgn tali. Ada juga ruas jalan dan jembatan yang terputus. BPBD, lanjut Sutopo, telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka tanggap darurat maupun proses evakuasi.

"Saat ini sedang dilakukan pendataan dan penangananan pengungsi maupun kerusakan atau kerugian. Saat ini hujan dan banjir masih berlangsung di Kota Ambon," ujarnya.

Saat ini siklon tropis Saola di perairan Filipina bagian utara makin menguat dengan tekanan terendah 950 mb dan kekuatan 80 knot (150 km/jam). Pergerakannya cenderung ke arah utara barat laut menjauhi wilayah Indonesia. 

Sumber: Okezone



Kota Ambon dan sekitarnya kacau akibat banjir dan longsor, dampak dari siklon tropis Saola di perairan Filipina. Akses jalan dan jembatan terputus, ribuan rumah rusak. Warga pun mengungsi.

Kerusakan terparah berada di Batumerah, Kecamatan Sirimau, Ambon. Akibat jebolnya Bendungan Batumerah, air menerjang ke mana-mana. Jalan Sudirman yang merupakan akses utama ke Ambon, putus.

Jembatan penghubung berbagai daerah juga putus. Warga belum berani kembali ke rumah. Mereka mengungsi ke lokasi lebih tinggi, terutama ke sekolah-sekolah dan masjid.

Sejumlah personel TNI dan relawan mengevakuasi warga yang masih terjebak di titik-titik tertentu. Dengan menggunakan perahu karet, mereka menjemput warga.

Di Kota Ambon, genangan air setinggi lutut orang dewasa terlihat di mana-mana. Saat ini, hujan masih terus mengguyur tapi genangan air berangsur surut.

Dari lokasi kejadian tidak diketahui adanya korban. Namun berdasarkan rilis BNPB, setidaknya 7 orang menjadi korban tewas. 4 Warga Wayori Passo, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Ambon, 2 warga dari Negeri Lama, dan seorang warga BTN, Kanawa.


Sumber: Detik Com



Banjir besar di Tawiri, Kotamadya Ambon



Banjir merendam rumah-rumah warga di daerah Belakang Soya, Kota Ambon



Banjir menghanyutkan rumah, sepeda motor, peralatan rumah tangga, di Batu Merah, Kota Ambon



Banjir menghanyutkan becak-becak yang menjadi mata pencaharian masyarakat di tanah tinggi, Kota Ambon



Halaman Masjid Raya Alfatah Ambon, terendam banjir



Banjir besar di daerah Kadewatan, kota Ambon



Banjir besar juga melanda daerah Skip, di Kota Ambon



Desa Galala, di Kotamadya Ambon pun terendam banjir



Banjir besar menerjang Desa Latta, di Kotamadya Ambon



Hari ini hampir semua wilayah Kota Ambon, tergenang Banjir. Banjir di Jl. A.Y. Patty Kota Ambon



Banjir melanda daerah Air Puteri, di Kota Ambon



Banjir merendam rumah warga di Lateri, Kota Ambon



Banjir setinggi rumah warga, melanda daerah Batu Merah, Kota Ambon



Banjir di kompleks Masjid Raya Alfatah, Kota Ambon



Banjir di Lorong Kolonel Pitersz, kota Ambon



Tanah Longsor di kawasan Belakang Soya, Kota Ambon pada Selasa dini hari. Warga masih terus menjadi korban yang tertimbun Tanah Longsor.



Warga membantu korban yang masih tertimbun tanah Longsor dikawasan Belakang Soya, Ambon



Wakil Wali Kota Ambon, meninjau langsung tempat longsor dan korban longsor di kawasan Belakang Soya, Ambon




Tanah Longsor di Belakang SMP Negeri 1 Ambon, Karang Panjang Ambon yang terjadi pada Selasa dini hari tadi.



Banjir di depan Masjid Raya Al Fatah, Jl. AY. Patty, Perigi Lima dan beberapa tempat di dalam Kota Ambon.



Banjir di daerah Skip, Kota Ambon. Warga berusaha menyelamatkan diri.



Banjir di daerah Skip, Kota Ambon, mengakibatkan kebakaran.



Banjir di daerah Skip, Kota Ambon.



Akses jalan ke Negeri-negeri pegunungan di Kota Ambon seperti ke Hatalai, Kilang, Naku, Ema, Hukurila, putus total akibat longsor. Warga harus berjalan kaki selama 2 jam lebih.



Akses jalan ke Negeri-negeri pegunungan di Kota Ambon seperti ke Hatalai, Kilang, Naku, Ema, Hukurila, putus total akibat longsor. Warga harus berjalan kaki selama 2 jam lebih.



Warga Ema, Naku, Kilang, Hatalai, harus berjalan kaki berjam2....karena akses jalan rusak total. Warga sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah.



Tanah longsor menghancurkan akses jalan ke negeri-negeri pegunungan di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon

No comments:

Post a Comment