بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Apple dan Samsung 'Saling Langgar' Hak Paten
Go Green

Clock Link

Wednesday, August 29, 2012

Apple dan Samsung 'Saling Langgar' Hak Paten



Pengadilan di Korea Selatan memutuskan bahwa dua raksasa teknologi, Apple dan Samsung, saling melakukan pelanggaran paten di produk yang mereka buat.

Pengadilan juga menerapkan larangan penjualan secara terbatas atas beberapa produk buatan Apple dan Samsung yang tercantum di berkas putusan.

Produk-produk tersebut adalah iPhone 3GS, iPhone 4, iPad, iPad 2, Galaxy SI, Galaxy SII, Galaxy Tab, dan Galaxy Tab 10,1.

Hakim mengatakan Apple melanggar dua paten milik Samsung, sementara Samsung melanggar satu paten Apple.

Pengadilan menjatuhkan denda yang nilainya tidak begitu besar, namun menegaskan bahwa telepon genggam pintar buatan Samsung tidak meniru produk Apple, meski keduanya ada kemiripan.

"Ada banyak kemiripan pada desain luar antara iPhone dan Galaxy S, misalnya layar yang lebar dan sudut yang bulat... namun kesamaan-kesamaan ini telah ada di produk-produk sebelumnya," kata seorang hakim seperti dikutip kantor berita Reuters.

Selain bersengketa di Korea Selatan, Apple dan Samsung juga saling berhadapan di pengadilan di California, Amerika Serikat, yang akan mengeluarkan keputusan dalam waktu dekat.

Di California ini, Apple menggugat Samsung dengan nilai gugatan mencapai US$2,5 miliar dan mendesak pengadilan melarang ponsel pintar terbaru buatan Samsung dipasarkan di Amerika.

No comments:

Post a Comment