بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Wah, Ada 21 Triliun Dolar di Rekening Rahasia
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 24, 2012

Wah, Ada 21 Triliun Dolar di Rekening Rahasia

sumber: Liputan6.com


New York: Orang-orang kaya dunia menyimpan dana setidaknya US$ 21 triliun pada akhir 2010 di berbagai rekening rahasia yang tidak terjangkau pajak. Nilai itu sama dengan produk domestik kotor Amerika Serikat dan Jepang sekaligus.

Data ini diungkap oleh James Henry, mantan ekonom di lembaga konsultasi McKinsey, yang melakukan penelusuran atas permintaan organisasi Tax Justice Network, dengan memakai data antara lain dari Dana Moneter Internasional, Bank Dunia, dan data keuangan berbagai negara.

Henry mengatakan, US$ 21 triliun adalah perkiraan konservatif dan mungkin nilai sesungguhnya mencapai US$ 32 triliun. Ia juga mengatakan dana US$ 21 triliun tidak termasuk aset lain seperti properti dan kapal pesiar mewah.

Laporan ini diterbitkan di tengah meningkatknya kekhawatiran tentang keengganan membayar pajak atau bahkan menolak membayar pajak sama sekali. Sejumlah pemerintah, termasuk Jerman, kini bahkan membeli informasi dari bank tentang individu atau lembaga yang tidak membayar pajak.

Organisasi yang menyusun laporan ini, Tax Justice Network, telah melakukan kampanye menentang tempat-tempat yang dipakai orang-orang kaya dunia menyimpan uang tanpa membayar pajak.

Henry mengatakan orang-orang super kaya memindahkan uang di seluruh dunia atas bantuan para profesional di berbagai sektor, terutama di perbankan, investasi, akuntansi, dan hukum. "Kerugian akibat hilangnya pajak dari dana ini sungguh sangat besar," kata Henry.

"Namun, berita baiknya adalah, kita sekarang mengetahui ada dana yang sangat besar, yang bisa diambil untuk membantu menyelesaikan krisis keuangan global dewasa ini," katanya.(BBC/ADO)

No comments:

Post a Comment