بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Komikus Indonesia RA Kosasih Tutup Usia
Go Green

Clock Link

Tuesday, July 24, 2012

Komikus Indonesia RA Kosasih Tutup Usia

sumber: http://id.berita.yahoo.com/komikus-ra-kosasih-tutup-usia-230700801.html


Liputan6.com, Jakarta: Komikus RA Kosasih meninggal dunia, Selasa (24/7) dinihari, pada usia 93 tahun karena sakit.

Kosasih mulai membuat komik pada 1953 lalu berhenti pada 1993. Komik almarhum yang paling terkenal adalah adaptasinya atas cerita Ramayana dan Mahabharata.

Jenazah disemayamkan di rumah duka Jl. Cempaka Putih III No. 2 Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan. Rencananya almarhum dimakamkan Selasa siang di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. (YUS)



sumber: http://oase.kompas.com/read/2012/07/24/10473073/Maestro.Komik.Indonesia.RA.Kosasih.Tutup.Usia

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokoh komik Indonesia, Raden Ahmad Kosasih atau yang terkenal dengan nama RA Kosasih, meninggal dunia pada usia 93 tahun, Selasa (24/7/2012) hari ini sekitar pukul 01.00 WIB di rumahnya, Jalan Cempaka Putih III No 2, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

"Bapak meninggal jam 1 malam tadi, jatuh terkena serangan jantung," kata putri almarhum, Yudowati.

Almarhum pergi meninggalkan seorang putri, seorang menantu, dan seorang cucu.

Saat ini jenazah almarhum masih disemayamkan di rumah duka di Jalan Cempaka Putih III No 2, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

Menurut Yudowati, almarhum akan dikebumikan di TPU Tanah Kusir berdekatan dengan makam istrinya pada pukul 12.30 WIB.

Almarhum RA Kosasih merupakan tokoh dunia komik Indonesia dengan berbagai karyanya yang laku di masyarakat.

Lahir 4 April 1919 di Bogor, RA Kosasih telah menghasilkan banyak karya besar seperti serial Sri Asih, komik bergenre superhero.

Selain Sri Asih, almarhum juga dikenal dengan karya besarnya Mahabharata dan Ramayana yang mengangkat epos Hindu ke dalam bentuk komik.



sumber: http://rollingstone.co.id/read/2012/07/24/122816/1973282/1093/komikus-legendaris-ra-kosasih-meninggal-dunia


Komikus Legendaris, R.A. Kosasih, Meninggal Dunia Dalam usia 93 tahun, akibat penyakit paru-paru.

Jakarta - Komikus legendaris yang dianggap sebagai Bapak Komik Indonesia, R.A. Kosasih, telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (24/7) dini hari tadi sekitar pukul 01:00 WIB di kediamannya yang terletak di daerah Tangerang. Ia berusia 93 tahun.

Menurut pengakuan putrinya, Yudowati Ambiana, kepada AntaraNews.com, R.A. Kosasih meninggal dunia karena serangan jantung yang menimpanya. Namun selain itu, ia juga mengidap penyakit paru-paru yang dideritanya sejak lama. Bahkan tersiar kabar bahwa R.A. Kosasih sempat dirawat di rumah sakit selama satu minggu karena jamur yang hinggap di paru-paru.

R.A. Kosasih saat ini disemayamkan di tempat tinggalnya yang beralamat lengkap Jl. Cempaka Putih III/2, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan. Yudowati juga mengungkapkan bahwa Ayahnya akan dimakamkan berdekatan dengan istri di Tanah Kusir pukul 12:30 WIB.

Raden Ahmad Kosasih lahir di Desa Bondongan, Bogor, Jawa Barat pada 4 April 1919 dari pasangan Raden Wirakusumah dan Rasmani. R.A. Kosasih merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara.

Seperti terlihat dari namanya, R.A. Kosasih memiliki darah ningrat. Ia bersekolah di Inlands School yang ditamatkan pada 1932 dan lanjut ke Hollandsc Inlands School (HIS), Pasundan. Setelah menamatkan pendidikannya di HIS, R.A. Kosasih enggan melanjutkan sekolah.

Karena menganggur, R.A. Kosasih pun dapat menyalurkan hobinya: menggambar dan menonton wayang golek. Pulang pagi pun rela dilakukan demi Arjuna, Bima, atau pun Gatot Kaca.

R.A. Kosasih memulai kariernya menggambar untuk penerbit Melodie dengan serial komik berjudul Sri Asih, yang sering dianggap sebagai superhero Indonesia pertama. Sri Asih digambarkan R.A. Kosasih sebagai jagoan perempuan berkostum wayang. Ia mendapatkan inspirasinya dari karakter asal Amerika Serikat, Wonder Woman.


Semoga diterima dissi Tuhan Ijang Maha Esa ...

Komiknjah soenggoe kawentar di eranjah, gambarnjah terkesan originiel ...

foto almarhoem ...




sala satoe asil karjanjah ... poenja tjiri chas ...


Namun kesuksesan terbesar R.A. Kosasih dicapat saat ia mengadaptasi kisah legendaris Ramayana dan Mahabharata ke dalam medium komik. Kedua komik tersebut disebut-sebut sebagai pemegang rekor oplah paling besar dalam sejarah komik Indonesia. Berkat upayanya dalam memadukan kesusastraan Hindu dengan budaya Indonesia, cerita Ramayana dan Mahabharata berhasil menggaet pembaca-pembaca generasi baru.

Selain kesusastraan Hindu dan sastra tradisional Indonesia, terutama Jawa dan Sunda, R.A. Kosasih juga sempat menghasilkan beberapa komik silat yang memiliki pengaruh Tionghoa.

Tahun 1993, R.A. Kosasih menyatakan pensiun dari dunia komik. Pada awal dekade 2000, penerbit buku ternama Elex Media Komputindo menerbitkan ulang Ramayana yang terdiri dari tiga jilid. Satu tahun kemudian, giliran Mahabharata yang diterbitkan ulang sebanyak dua belas jilid. Lagi, generasi baru terbuai dengan karya R.A. Kosasih.

Walau sudah diterbitkan ulang, cetakan pertama karya-karya R.A. Kosasih yang ada di medium kertas koran masih diburu kolektor sampai detik ini.

No comments:

Post a Comment