بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Nuansa Kemerdekaan di Bulan Ramadhan
Go Green

Clock Link

Saturday, July 28, 2012

Nuansa Kemerdekaan di Bulan Ramadhan

sumber: TRIBUNNEWS.COM


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Demikian halnya yang dilakukan oleh putra-putri bangsa di SMP Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang.

Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-67 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan 1433 H diisi dengan rangkaian kegiatan yang bernuansa kebangsaan dalam bingkai ramadhan.

Rangkaian kegiatan ramadhan cukup terasa di SMP Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Setiap pagi sebelum pembelajaran efektif dimulai, dilakukan tadarus bersama di setiap kelas. Alunan ayat-ayat suci Al-Quran menggema setiap pagi memberikan semangat untuk belajar dan menuntut ilmu. Kegiatan tadarus ini didampingi oleh guru mata pelajaran jam pertama yang mengajar di kelas yang bersangkutan.

Tidak sebatas itu, geliat rohani pun nampak ketika jam istirahat pertama. Siswa-siswi dengan tertib mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah shalat dhuha. Suasana hangat nan islami layaknya pesantren nampak jelas di sekolah ini. Dewan guru dan seluruh stakeholder sekolah bersatu padu menciptakan ramadhan yang berkualitas sebagai bulan peningkatan prestasi baik akademik maupun spiritual.

Selain rutinitas pembiasaan tadarus pagi dan shalat dhuha, terdapat pula kegiatan-kegiatan lomba keagamaan yang dilaksanakan berkala selama tiga minggu ramadhan di sekolah. Kegiatan lomba keagamaan tersebut diantaranya Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) baik tartil maupun tilawah antar kelas, lomba sastra islami ramadhan berupa cerpen, puisi, dan geguritan, lomba seni islami mading kelas dan kaligrrafi, lomba adzan, serta pemilihan dai cilik sekolah (Pildacil).

“Kegiatan perlombaan ramadhan ini dilakukan siang hari setelah pembelajaran efektif sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Selain mengisi kegiatan ramadhan dengan hal positif, kegiatan ini juga dilakukan untuk menelusuri minat dan bakat siswa untuk disalurkan pada kompetisi yang lain misalnya MAKSI.” Demikian disampaikan Ibu Ngaisatun, selaku Sekbid Keagaaman SMP Negeri 1 Muntilan.

Ramadhan edukatif dan prestatif yang diusung SMP Negeri 1 Muntilan bekerjasama dengan tim kerja Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan (KKN PPL) Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan teknis kegiatan ramadhan sekaligus peringatan HUT RI sepenuhnya merupakan kolaborasi antara sekolah dan tim KKN-PPL UNY.

“Untuk konsep acara dan teknis pelaksanaan lomba dilakukan oleh tim KKN-PPL UNY yang telah melakukan kegiatan sejak 1 Juli yang lalu dan InsyaAllah akan berakhir 16 September yang akan datang. Kami bertindak sebagai fasilitator dan konseptor kegiatan. Untuk kepentingan administrasi dan pendekatan kelembagaan sepenuhnya didukung penuh pihak SMP Negeri 1 Muntilan.” Terang Ary Gunawan, Ketua Tim KKN-PPL UNY.

Sebagai acara puncak kegiatan Ramadhan akan dilakukan Grand Final Lomba Keagamaan pada Sabtu, 11 Agustus 2012 yang dilanjutkan dengan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk siswa kelas IX yang akan dirangkai dengan kajian dan Spiritual Building Training (SBT) melibatkan trainer yang berpengalaman di bidangnya.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat melahirkan generasi islam yang cerdas dalam kehidupan ikhlas dalam pengabdian serta berwawasan global sesuai dengan Visi SMP Negeri 1 Muntilan. Amiin.” Pungkas Ibu Ngaisatun.

No comments:

Post a Comment