بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kota dengan Pemandian Terindah di Dunia
Go Green

Clock Link

Wednesday, May 2, 2012

Kota dengan Pemandian Terindah di Dunia

sumber: http://kolomkita.detik..com/baca/artikel/11/1833/the_last_sunday_in_budapest._part_1

http://www.kabarsantai.info/2011/07/4-tempat-pemandian-termewah-di-dunia.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Budapest


Budapest, ibukota Hungaria yang terletak di Eropa Timur kaya dengan masa-masa peperangan, penjajahan, pembebasan, yang akhirnya malah diduduki untuk kembali terjajah. Namun, kota ini tak pernah menyerah, kota tangguh yang dijajah dan terajam tapi tetap bertahan dan bangkit hidup dari kematian berkali-kali. Dulu, di abad ke 3 dan ke 4 SM, orang Eravisci dari suku Celtik yang sangat berbudaya “memeriahkan” kehidupan di bukit Gellért, diatas sungai Danube di Budapest. Kepandaian dalam dunia besi dan keramik hingga pembuatan uang koin membalut kehidupan mereka dengan kemakmuran. Hingga abad 35 SM, datanglah bangsa Romawi dan Turki Ottoman menambah hingar bingar bukit dengan membangun pemukiman koloni Pannonia, dan mengeksploitasi mata air panas di daerah tersebut dengan membangun pemandian umum pertama. Pemandian dan spa menjalar subur di kanan kiri kota tersebut, membuatnya menjadi terkenal dengan nama Aquincum (kini dikenal dengan nama Óbuda), kota yang berlimpah dengan “air”. Kota ini pada akhir abad ke-19 didirikan berdasarkan dua kota bersebelahan; Buda (sisi barat) dan Pest (sisi timur) yang dipisah oleh sungai Donau. Pemandian air panas atau disebut juga spa di Budapest telah menarik perhatian para pengunjung selama ribuan tahun. Spa-spa disana tidak hanya menawarkan terapis terampil, tetapi juga membuat para pengunjung dapat berendam di tengah-tengah arsitektur terindah dan bersejarah kota ini. Ditambah lagi mata air termal dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit termasuk arthritis dan asma, dan kebanyakan tempat pemandian umum juga menawarkan sejumlah perawatan kesehatan seperti pemijatan, fisioterapi, dan hidroterapi.


BEBERAPA PEMANDIAN YANG TERKENAL

1. Gellerts 



Salah satu tempat pemandian yang paling populer dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Budapest adalah Gellert Baths & Spa. Mata air alami yang diyakini berkhasiat seperti obat, perabotan dengan gaya Art Nouveau, mosaik artistik, jendela kaca patri dan berbagai pahatan adalah kombinasi keindahan dengan dosis yang sempurna untuk semua wisatawan yang ingin menikmatinya. Gellert Baths & Spa membuka pintunya pertamakali di tahun 1919 dan memiliki 13 bak mandi yang terdiri dari dua pemandian effervescent, tiga kolam renang, dan delapan pemandian air panas dengan suhu air bervariasi 24-37 derajat Celsius.


2. Széchenyi



Széchenyi Bath & Spa adalah pemandian pertama di sisi Pest. Salah satu tempat spa terbesar di Eropa yang memiliki 15 kolam untuk berenang, berendam dan pijat. Pada 1881 disebut "Pemandian Artesian" dan hanya berupa suatu bangunan sementara. Pada tahun 1913, pemandian Széchenyi diubah menjadi bak permanen, berupa kompleks bangunan cantik bercat kuning dan mendapat nama yang sekarang. Pada tahun 1927, ditambahkan situs pantai serta pemandian umum untuk pria dan wanita.


3. Rudas



Rudas adalah pemandian yang paling bersejarah di Budapest. Bangunan ini berasal dari abad 16, ketika pendudukan Turki sedang membangun fasilitas mandi untuk membuat sebagian besar dari 80 mata air panas bumi. Pengaruh Ottoman masih dapat dilihat di kolam segi delapan yang ditutupi oleh kubah besar berdiameter 10 meter dan disangga oleh delapan pilar, serta enam kolam uap.


4. Kiraly



Kiraly Bath adalah pemandian bergaya Turki abad ke-16, salah satu pemandian tertua dan paling otentik dalam sejarah Turki di Budapest dari zaman pendudukan Ottoman Turki. Arslan Pasha mulai membangun pemandian ini pada 1565. Pemandian Kiraly memiliki bak mandi termal eksklusif: 4 bak dengan suhu dan ukuran yang bervariasi (26°C, 32°C, 36°C, 40°C). Air di Kiraly berasal dari yang pemandian lain di Budapest yaitu Lukacs Baths.

No comments:

Post a Comment