بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tokoh-tokoh Bersejarah yang Cinta Lingkungan
Go Green

Clock Link

Tuesday, April 3, 2012

Tokoh-tokoh Bersejarah yang Cinta Lingkungan

sumber: http://www.google.co.id/

http://www.treehugger.com/

Ketika orang berbicara tentang lingkungan, kita akan berpikir tentang Theodore Roosevelt, yang memelopori konsep taman nasional yang sangat luas dan besar di padang gurun Amerika.

Setelah Dia yaitu ada juga pahlawan hijau seperti John Muir dan Rachel Carson.

Tapi juara sebenarnya jauh sebelum abad ke-20, dan beberapa orang yang paling terkenal dalam sejarah dan mereka itu nyata pencinta lingkungan - bahkan mereka tidak menyadarinya. Dari Jenghis Khan Raja Edward I dari Inggris, ini 10 tokoh sejarah yang telah melakukan banyak hal untuk melestarikan planet ini, dari menurunkan suhu global, mempromosikan hak-hak hewan dan menyisihkan lahan untuk konservasi.
1. Gengis Khan (1162 - 1227)

Salah satu penguasa sejarah yang paling terkenal, Genghis Khan mendirikan Kekaisaran Mongol dan, pada saat kematiannya, telah menaklukkan segala sesuatu dari Laut Jepang sampai Laut Kaspia.

Para Mongol nomaden yang terkenal sebagai masyarakat pertanian dan tidak keberatan membunuh musuh meskipun seribu orang. Ketika mereka menyapu seluruh Asia, mereka hancurkan populasi yang sangat-sangat luas dan besar. lahan pertanian yang dihancurkan, yang dikembalikan lagi ke hutan alam (kita tidak berpikir pembantaian manusia adalah solusi).
Dalam sebuah studi oleh yang diterbitkan dalam The Holosen, Julia Pongratz dari Carnegie Institution Departemen Global Ekologi mengemukakan bahwa skala daerah kembali ke hutan akan didinginkan planet ini. wah ini sih ektrim banget!


Gengis khan: 



2. King Edward I (1239 - 1307)

Edward I dari Inggris, yang disebut "Edward Longshanks," adalah yang dikenal saat ini sebagai raja yang jahat dimana William Wallace bertempur untuk kebebasannya dalam film Braveheart. Tapi tahun 1306, ia lebih memikirkan batubara dari pada penindasan dari Skotlandia.

Lelah dari asap yang dihasilkan oleh pembakaran batubara, ia melarang penggunaan Batu Bara. Ia akan memberi hukuman yang akan membuat industri batubara saat ini berpikir dua kali, yaitu penyiksaan atau eksekusi.

Sayangnya hukum yang keras tidak diindahkan karena mereka terlalu miskin untuk membeli kayu.

Longshanks: 




3. Richard Nixon (1913 - 1994)

Presiden ke-37 Amerika Serikat yang jatuh reputasinya karena perang di Vietnam dan skandal Watergate, namun lingkungan harus memberikan dia pandangan lain. Pada tahun 1970, ia mengumumkan pembentukan Badan Perlindungan Lingkungan.

Pada tahun yang sama, ia juga menandatangani Clean Air Act dan undang-undang Kebijakan Lingkungan Nasional, yang menetapkan pernyataan dampak lingkungan sebagai prasyarat untuk setiap proyek federal.

Nixon: 



4. Pythagoras (570 SM - 495 SM)

Ini masih diperdebatkan apakah filsuf Yunani kuno dan matematika ini melarang penggunaan semua produk hewani atau apakah ia baik-baik saja dengan penggunaan sapi untuk membajak sawah.

Dilain sisi, ia diakui sebagai pembela hak-hak binatang dan sebagai seorang vegetarian.

Sekolah Pythagoras, berdasarkan ajaran-ajarannya, melihat hewan memiliki jiwa.

Pythagoras: 




5. Martin Luther King, Jr. (1929 - 1968)

Martin Luther King, Jr terkait erat dengan gerakan hak-hak sipil yang ia pimpin di tahun 1950-an dan 60-an. Tapi banyak yang tidak tahu bahwa ia dianggap sebagai bagian ketidakadilan lingkungan dari penindasan Amerika Afrika.

Pada bulan Desember 2010, Jaksa Agung Eric Holder disebut Raja ayah dari gerakan keadilan lingkungan dan mendesak setiap orang untuk berpikir tentang lingkungan sebagai isu hak-hak sipil - karena minoritas dan populasi berpenghasilan rendah memiliki hak yang sama untuk bebas dari bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh praktek orang lain.

Martin Luther King, Jr.: 



6. Ányos Jedlik (1800 - 1895)

Anyos Jedlik tidak diketahui secara luas, namun karyanya adalah: Pada 1827, Jedlik, ia menciptakan motor pertama di dunia listrik. Tahun berikutnya, ia meletakkan perangkat di dalam mobil model untuk menunjukkan konversi energi listrik menjadi energi mekanik.

Ia tidak meramalkan dominasi singkat dari mobil listrik atau kebangkitannya di abad ke-21.

Ányos Jedlik: 



7. Abraham Lincoln (1809 - 1865)

Selain melestarikan Union, mengakhiri perbudakan dan menetapkan Thanksgiving sebagai hari libur, Abraham Lincoln menciptakan Departemen Pertanian AS dan National Academy of Sciences, dan disetujui perlindungan federal dari tanah yang akan menjadi Taman Nasional Yosemite.

Abraham Lincoln: 




8. Mohandas Gandhi (1869 - 1948)

Selain ia berjuang untuk kemerdekaan India dari Inggris, Mohandas Gandhi juga menyoroti isu-isu kemiskinan, hak-hak perempuan, dan hak-hak pekerja. Dalam kampanye yang ketiga dia berbicara tentang lingkungan, dengan alasan bahwa buruh di pabrik-pabrik perkotaan menderita sesak nafas karena kualitas udara yang buruk. Dia menulis pada 1905:

Karena harga tanah di perkotaan tinggi, bangunan pabrik tidak cukup luas, dan rumah-rumah petak buruh juga sangat kecil, ini menghasilkan kemerosotan kesehatan... Seorang pria bisa hidup tanpa makanan selama beberapa hari dan hidup sehari tanpa air, tetapi tidak mungkin untuk melakukan tanpa udara bahkan untuk satu menit.

Dia juga memperingatkan terhadap industrialisasi, menyerukan orang untuk hidup sederhana, dan vegetarian.

Gandhi: 



9. Ted Kaczynski (1942 - )

Ted Kaczynski, lebih dikenal sebagai Unabomber, mewakili kaum pinggiran yang ekstrim, gerakan-orang lingkungan modern yang bersedia untuk menggunakan kekerasan dan pembunuhan demi tujuan mereka. Pada tahun 1971, matematikawan brilian dan skizofrenia paranoid meninggalkan karirnya yang menjanjikan di UC Berkeley untuk hidup di sebuah pondok terpencil Montana.

Salah satu korban dari kampanye bom Kaczynski mail ini Thomas J. Mosser, seorang eksekutif di Burson-Marsteller, perusahaan public relations yang membantu membersihkan nama Exxon setelah tumpahan minyak Exxon-Valdez. Pada tahun 1995, ia membunuh Gilbert Murray, presiden Asosiasi Kayu California, sebuah kelompok lobi penebangan kayu.

Kaczynski, yang menjalani hukuman seumur hidup di penjara tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat, adalah salah satu dari contoh "eko-teroris,"l.

Ted Kaczynski: 



10. Thomas Jefferson (1743 - 1826)

Seorang pencinta alam, Jefferson membayangkan sebuah Amerika penuh petani yeomen. Dia pernah menulis: "Kita harus menggunakan banyak perekonomian di kayu kami, tidak pernah menebang baru."

Namun, seperti dikatakan oleh Peter Ling dalam Sejarah Hari ini, praktek Jefferson di perkebunan Monticello nya mengakibatkan erosi, angin dan hujan dan hilangnya nutrisi tanah. Dia antusias mengimpor spesies tanaman asing, dan programnya untuk menjual lahan pertanian di 160 hektar plot persegi mengabaikan kekhasan dari semua tanah di sebelah barat Mississippi.

Ling berpendapat bahwa Jefferson tidak bersalah, dia bukan pihak yang bersalah, ini karena terlalu percaya pada rasionalitas dan kebijaksanaan manusia atas kerja alam yang alami

No comments:

Post a Comment