بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 10 Penendang Bebas Terbaik Dunia
Go Green

Clock Link

Tuesday, April 3, 2012

10 Penendang Bebas Terbaik Dunia



​Keberhasilan sebuah tim dalam memenangi suatu pertandingan tidak hanya ditentukan oleh penyerang saja. Tak jarang kemenangan itu didapat melalui bola mati, seperti tendangan penalti atau pun tendangan bebas. Khusus tendangan bebas, tidak semua pemain dapat melakukannya.

Sosok penendang bebas menjadi momok menakutkan bagi para penjaga gawang. Mereka bakal berteriak lebih keras menginstruksikan rekan-rekannya untuk membentuk pagar hidup yang kokoh, sehingga tidak ada celah bagi para eksekutor menceploskan bola.

Bukan itu saja. Tendangan bebas tak melulu harus membuahkan gol. Tendangan bebas juga turut berpengaruh dalam proses terjadinya gol. Tidak sedikit gol bermula dari hasil tendangan bebas yang kemudian dilanjutkan pemain lain yang menerima umpan melalui tendangan bebas. 

Dibutuhkan keahlian khusus serta bakat alam dalam melakukan eksekusi tendangan bola mati ini. Tercatat beberapa nama yang muncul ke permukaan karena memiliki spesialisasi ini. Kebanyakan eksekutor tendangan bebas berposisi di lini tengah. Hanya sedikit yang menempati sektor belakang, apalagi yang menjadi penjaga gawang.


Berikut 10 penendang bebas terbaik di dunia


1. David Beckham


Siapa yang tidak kenal dengan David Beckham yang mempunyai tendangan melengkung dan mengarah ke pojok gawang lawan adalah ciri khas suami personil Spice Girls Victoria Adam. Dan sudah tidak terhitung lagi berapa gol yang disumbangkan oleh Beckham lewat tendangan bebasnya.


2. Andrea Pirlo


Pemain Juventus ini mempunyai ball position yang sangat baik, dan tendangan Pirlo tidak kencang tetapi sangatlah terarah hal tersebut yang menjadi kunci dari free kick mematikan dari Pirlo.


3. Cristiano Ronaldo


Mempunyai tendangan bebas yang sulit di jangkau oleh kiper, menukik dan kencang. Konon Ronaldo menemukan gaya free kick ini karena terinspirasi oleh pergerakan bola ping pong.


4. Juninho Pernambucano


Juninho Pernambucano, pemain tengah asal Brasil, telah membuktikan dirinya sebagai spesialis penendang terbaik bersama klub Prancis Olympique Lyon. Selama empat tahun di Lyon, gelandang berusia 30 tahun ini menghasilkan 48 gol, 19 di antaranya berasal dari free kick.

Kaki kanan Juninho memang istimewa. Pemerhati Liga Champions pasti ingat dengan tembakan sejauh 35 meter yang membobol gawang Bayern Munich saat dijaga Oliver Kahn. 


5. Sinisa Mihajlovic


Mantan pelatih Fiorentina ini sudah tidak diragukan lagi dalam keahliannya melakukan eksekusi tendangan bebas. Setiap kali Mihajlovic ingin menjalankan tugasnya sebagai eksekutor, sebagian besar penonton langsung berdiri agar bisa melihat jelas hasil tendangan pemain asal Serbia tersebut. Total 80 gol bagi klub yang dibela serta timnas sebelum pensiun. Dari jumlah itu, 27 gol diantaranya dilesakkan di kompetisi Serie A Italia.


6. Shunsuke Nakamura


Ia dikenal mempunyai tendangan bebas yang akurat, serta pintar menciptakan peluang bagi rekan-rekannya. Nakamura sering dikritik karena fisiknya dianggap tidak cukup kuat, namun sejak bermain di Eropa ia telah banyak memperbaiki kelemahannya di bidang ini.


7. Roberto Carlos


Tendangan geledek Roberto Carlos akan selalu dirindukan. Bola hasil sepakan Carlos dianggap menjadi yang tercepat dan terkeras. Tembakan Carlos boleh jadi tak melengkung. Namun, bola sepakan si plontos ini bak pesawat remot yang bisa meliuk kencang melewati pagar betis lawan. Itu diperlihatkan Carlos saat Brasil melawan Prancis di Tournoi de France 1997.


8. Ronaldinho


Tak di ragukan lagi kalau Ronaldinho mencetak gol melalui free kick. Sewaktu di Barcelona dialah orang yang akan mengambil sepakan bola-bola mati. Bukan hanya akurasi saja yang bagus tapi juga penempatan bola yang akurat. Masih ingatkah Anda apa yang dia lakukan ke gawang Inggris pada saat piala dunia 2002. Gol yang sangat Berkelas.



9. Fransesco Totti




Totti melengkapi duo Italia di sini setelah Pirlo. Totti di Roma juga tak tergantikan dalam melakukan tendangan bebas. Free kick Totti mirip Roberto Carlos karena Totti menendang sekeras mungkin ke gawang untuk melewati pagar betis lawan. Tidak di ragukan lagi keakuratan dan kekuatan tendangan Totti.


10. Jose Luis Chilavert



Tidak banyak penjaga gawang yang memiliki keberanian menjadi pelaksana tendangan bebas dan penalti. Dibandingkan penjaga gawang lainnya, torehan gol yang diciptakan melalui kaki Chilavert lebih banyak. Dalam karirnya sebagai pesepakbola profesional, pemain kelahiran tahun 1965 itu sudah mencetak 62 gol. Beberapa diantaranya dihasilkan melalui tendangan bebas.

No comments:

Post a Comment