بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Vilnius Old Town, Kota Labirin Raksasa yang Eksotis
Go Green

Clock Link

Monday, March 12, 2012

Vilnius Old Town, Kota Labirin Raksasa yang Eksotis

sumber: Ghiboo.com 


Vilnius Old Town merupakan salah satu kawasan kota tua terbesar di Eropa Timur. Kota ini, memiliki kekayaan arsitektur yang sangat indah dan termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage. 

Kota ini merupakan ibu kota Lithuania dan termasuk dalam kawasan Eropa Timur dengan luas kota tak kurang dari 4 km persegi. Walaupun begitu, kota Vilnius menyimpan berbagai bangunan indah yang berjumlah kurang lebih sekitar 1.400. 

Berbagai bangunan tersebut terdiri dari desain bergaya gothic, renaissance, baroque, dan klasik yang berpadu menjadi satu.

Tata kota, tikungan-tikungan, lorong-lorong kecil membuat Kota Tua Vilnius, seperti labirin raksasa. Berbagai macam bangunan tua dengan fungsi beragam bisa Anda lihat di sini. Berbagai bangunan tersebut masih berfungsi dengan baik, beberapa diantaranya digunakan untuk perkantoran, kafe, hotel maupun fungsi aslinya seperti gereja, balai kota, istana kepresidenan dan universitas. 

Bangunan yang paling populer di kawasan Vilnius Old Town adalah Katedral Vilnius dengan menaranya yang bergaya klasik. Bangunan ini berada di kompleks Cathedral Square. Selain itu ada juga Gediminas Castle yang didirikan di sebuah bukit, tepatnya berada dibelakang Katedral Vilnius. Kastil ini adalah peninggalan Gediminas, The Grand Duke of Lithuania. Dari puncak kastil ini, Anda bisa melihat kawasan kota tua dan sekitarnya yang sangat menawan.

Jika ingin berkeliling Vilnius, Anda bisa menggunakan bus listrik, menyewa sepeda atau berjalan kaki. Selain itu, ada juga mobil van khusus pariwisata yang menyediakan jasa perjalanan ke Trakai. Trakai adalah kastil besar ditengah danau, berjarak 27 km barat Vilnius, atau ke Kernave, sebuah situs peninggalan peradaban pra sejarah Lithuania yang terletak 40 km barat laut Vilnius.

Bila ingin membeli cendera mata, Anda bisa berjalan di Jalan Pilies. Di sini, wisatawan bisa menjumpai restoran yang nyaman dan toko-toko yang menjajakan berbagai macam suvenir.

No comments:

Post a Comment