بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Valletta, Kota Tua Berwarna Kelabu Kekuningan
Go Green

Clock Link

Monday, March 12, 2012

Valletta, Kota Tua Berwarna Kelabu Kekuningan

sumber: Ghiboo.com


Valletta merupakan ibu kota dari Negara Malta yang terletak di tepi Laut Mediterania dengan berpenduduk sekitar 400,000 jiwa. Kota ini dikeliligi oleh sebuah benteng yang dibangun pada abad ke-16. 

Nama Valletta sendiri diambil dari nama pahlawan yang memperjuangkan Malta yakni, Jean Parisot Valete. Seorang bangsawan yang bertempur melawan Turk dan Rhodes untuk membela pulau Malta.

Keunikan dari kota ini adalah warna kelabu kekuningan dari hampir semua bangunannya, termasuk tembok-tembok bentengnya. Warna ini merata karena sebagian besar bangunan dan bebatuan yang dipakai adalah batu karang (limestone). 

Arsitektur kota ini masih mewarisi arsitektur jaman Malta saat itu yang di pengaruhi oleh kejayaan ke Kristenan. Di hampir seluruh kota-kota Eropa, bangunan-bangunan yang paling besar dan tinggi adalah katedral dan Gereja. Ini melambangkan spiritual masyarakat jaman itu begitu tinggi. Sehingga apapun hal besar yang akan diwariskan pasti berhubungan dengan kemegahan ketuhanan. 

Di pinggir dermaga kota Valletta dibangun secara berdampingan arsitektur abad ke-16 bersanding dengan arsitektural modern berupa cafe dan restoran serta toko-toko suvenir. 

Untuk mencapai Pusat kota yang berpenduduk hanya enam ribuan jiwa ini, bisa berjalan kaki atau naik bus dengan harga karcis 1 euro (Rp12 ribu) untuk bepergian bolak-balik kepusat kota yang hanya berjarak 15-20 menit dari Grand Harbour atau pelabuhan.

No comments:

Post a Comment