بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Jalan Berbahaya di Dunia
Go Green

Clock Link

Friday, September 21, 2018

5 Jalan Berbahaya di Dunia

1. Khardung La ( India )


Ternyata nih gan/sis salah satu tempat di India menjadi jalanan paling berbahaya di dunia hluw, namanya Khardung La. Jalanan ini sampai di nobatkan oleh National Geographic dan juga Guinness World Records sebagai jalanan tertinggi di dunia. Panjang jalanan Khardung La ini mencapai 5.602 meter diatas permukaan laut. Yang menjadi tantangan di jalan ini adalah jalanan berbatu dan berbelok, serta jurang di sisi kiri dan kanan jalan, udaranya pun juga cukup dingin.



2. Terowongan Guoliang ( Tiongkok )


Terowongan Guoliangletaknya di dataran tinggi pegunungan Taihang, Tiongkok. Dulu sebelum tahun 1970 penduduk desa Guoliang kesulitan mendapatkan akses ke kota-kota disekitarnya, mereka hanya menggunakan tangga dengan 720 anak tangga dengan posisi vertikal. Alhasil 13 warga desa disana pun langsung membangun terowongan di pinggir tebing untuk memudahkan keluar masuk desa mereka. Butuh waktu 5 tahun untuk membuat terowongan yang panjangnya mencapai 1.200 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi 5 meter, karena letak nya di pinggir tebing kalau melewati terowongan ini pastinya sesekali kalian bisa melihat jurang. Tapi usaha 13 penduduk desa Guoliang ini tidak sia-sia nampaknya, terowongan ini mendapatkan sorotan media hingga menjadi desa wisata.



3. Col De La Bonette ( Perancis )

Jangan dibayangkan negara Perancis cuma memiliki pemandangan kota dengan bangunan yang indah saja ya gan/sis. Tapi ada juga hlu jalanan yang berbahaya, namanya Col De La Bonette. Jalanan ini terletak pada ketinggian 8.907 kaki diatas permukaan laut, serta melewati kawasan pegunungan Alpen Perancis, pegunungan terbesar di Eropa yang melewati beberapa negara. Col De La Bonette berada di perbatasan Perancis dengan Italia, jalanan ini termasuk berbahaya karena tingkat kecuramannya yang sangat tinggi. Dan belum lagi nih gan ditambah kelokan-kelokan jalan yang tidak diharapkan.




4. St. Gotthard Pass ( Swiss )


St. Gotthard Passletaknya sama dengan Col De La Bonette, dikawasan pegunungan Alpen, hanya saja nih gan St. Gotthard Pass ini masuk ke negara Swiss. Jalanan ini termasuk yang terpanjang yang berada di kawasan pegunungan Alpen, panjang St. Gotthard Pass mencapai 64 KM. Sebenarnya nih gan, jika melewati jalanan ini akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dari pegunungan Alpen, tapi tingkat kecuramannya dan keloknya yang tajam membuat pengendara harus ekstra berhati-hati.



5. Jembatan Eshima Ohashi ( Jepang )


Jalanan yang satu ini memang berbentuk jembatan gan, tapi jangan salah jembatan Eshima Ohashiadalah jembatan yang sangat tinggi. Jembatan satu ini sebenarnya melintasi danau Nakaumi di wilayah timur Jepang, dan menghubungkan kota Matsue dan Sakaimoto. Panjangnya sekitar 1,7 KM gan, tapi kenapa ya jembatan ini dibangun sangat tinggi? Jawabannya adalah supaya kapal-kapal besar tetap bisa melintas di bawah jambatan ini gan. Karena ketinggiannya itulah tentunya jembatan ini juga memiliki turunan yang sangat curam.

No comments:

Post a Comment