بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Hal yang Ditemukan di Dalam Lubang Terdalam Buatan Manusia
Go Green

Clock Link

Thursday, July 19, 2018

Hal yang Ditemukan di Dalam Lubang Terdalam Buatan Manusia


Pada saat perang dingin, Amerika dan Uni Soviet bersaing dalam berbagai hal. Begitupun dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain melakukan penelitian ke luar angkasa, kedua negara pun bersaing untuk melakukan penelitian ke dalam pusat bumi.

Uni Soviet dapat mengungguli persaingan dengan membuat proyek besar di berlokasi di distrik Pechengsky, Kola, Rusia. Lubang itu diberi nama Kola Superdeep Borehole, dengan kedalaman mencapai 12.262 meter.



Referensi pihak ketiga

Rencananya para ilmuwan akan membuat lubang sedalan 15.000 meter. Kenyataannya pengeboran hanya sampai pada kedalaman 12.262 meter. Pengeboran dilakukan pada kurun waktu 24 tahun, yaitu antara tahun 1970- 1994.

Meskipun dihentikan, pengeboran kola mampu memecahkan rekor dunia sebagai lubang terdalam. Tidak ada seorangpun dimanapun mampu melakukan pengeboran sedalam itu.



Referensi pihak ketiga

Ada banyak penemuan penting yang didapat dari pengeboran Kola. Ilmuwan menemukan beragam fosil mikroskopis 24 species berusia kurang lebih 2,7 milyar tahun. di kedalaman 6.700 meter. Ditemukannya air di dalam bumi, air tersebut berasal dari atom hydrogen dan oksigen yang berasal dari batu granit.

Hal ini membantah teori-teori yang menyebutkan bahwa lapisan dalam bumi terdiri dari lapisan-lapisan kering dan berbatu. Juga ditemukan helium, hydrogen , nitrogen dan karbon dioksida.




Referensi pihak ketiga

Semakin dalam lubang yang digali, maka semakin panas suhu yang ditemukan. Suhu mencapai 180 derajat celcius yang mengakibatkan kerusakan pada alat pengeboran. Para insinyur kemudian menurunkan sebuah microphone pada lubang, kemudian terdengar jeritan ratapan.

Dan jeritan. Banyak orang yang kemudian bertaubat atau bahkan mengalami gangguan jiwa setelah mendengar suara-suara misterius itu.



Referensi pihak ketiga

Proyek pengeboran terdalam pun dihentikan. Banyak spekulasi tentang penutupan proyek ini, adapula yang mengatakan bahwa kekuatan gaib telah memblokir pengeboran.

Namun yang pasti, proyek ini telah memberikan banyak kontribusi dalam dunia ilmu pengetahuan. Memberikan gambaran jelas tentang interior bumi. Kini Lubang terdalam itupun disegel dan belum pernah dibuka lagi hingga saat ini.

Sumber : Mountainmystery.com dan Mnn.com

No comments:

Post a Comment