بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 7 'Kucing' Besar yang Terancam Punah
Go Green

Clock Link

Sunday, March 11, 2018

7 'Kucing' Besar yang Terancam Punah

Ternyata beberapa jenis fauna liar yang ada di dunia ini terancam punah. Salah satunya adalah 'kucing besar'. Kucing ini termasuk fauna yang dilindungi dan dilestarikan lembaga internasional. Semakin lama keberadaan spesies kucing besar ini semakin menipis gansis. Menurut cnn ada nih beberapa jenis kucing besar yang disorot mulai menipis.


Harimau
Nama latin : Panthera Tigris

Raja hutan ini tersisa 3.900 ekor di alam liar. Habitat hewan pemburu yang satu ini beragam dari taiga di Rusia, padang rumput di India dan hutan bakau tropis di Asia Tenggara.



Cheetah
Nama latin : Acinonyx Jubatus

Populasi fauna ini tersisa 7.100 ekor di alam liar. Nama 'cheetah' berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya beraneka ragam. Ya, biasanya Cheetah berhabitat di Afrika dan Timur Tengah gansis. Oiya, garis hitam di wajah citah itu gunanya untuk mencegah cahaya matahari menghalangi pandangan mereka saat berburu.


Puma
Nama latin: Felis Concolor

Singa gunung atau kerap disebut panther ini tersisa sekitar 8.000 ekor di alam liar. Puma adalah hewan soliter yang biasanya hidup di daerah pegunungan seperti di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Utara.


Macan Tutul Salju
Nama latin : Panther Uncia

Snow Leopard ini tersisa sekitar 10.000 ekor di alam liar. Hewan penyendiri yang satu ini berhabitat di pegunugan salju Asia Tengah dari Afghanistan hingga Tibet bagian timur. Nah, spesies ini gansis yang diburu untuk memberdayakan kulitnya.



Jaguar
Nama latin : Panthera Onca

Spesies soliter (penyendiri) ini tersisa sekitar 15.000 ekor di alam liar. Jaguar bisa ditemukan di Meksiko utara, bagian utara dan tengah Amerika Selatan serta hutan hujan Amazon.



Macan Tutul
Nama latin : Panthera Pardus

Spesies ini sering dijuluki harimau dahan karena ahli memanjat. Spesies ini tersisa sekitar 12.00 ekor di alam liar. Habitat spesies ini dengan mudah ditemukan di benua Asia dan Afrika. Di Indonesia, gansis bisa liat macan tutul jawa di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.



Singa
Nama latin : Panthera Leo

Spesies 'Simba' yang satu ini tersisa sekitar 20.000 ekor di alam liar. Habitat spesies ini biasa ditemukan di Afrika dan bagian lain dari sub-Sahara Afrika. Di Asia hewan ini bisa ditemukan di Taman Nasional Gir Forest di India.

---

Ancaman terbesar dari spesies yang hidup di alam liar ini adalah 
1. Habitat mereka yang diambil untuk pembukaan lahan baru.
2. Populasi spesies ini berkurang karena dibunuh. Dibunuh untuk diambil kulitnya dan dibunuh karena dianggap hama atau mengancam kehidupan manusia.
3. Aktivitas perburuan yang dilakukan sekelompok orang yang mencari keuntungan untuk diri sendiri.

No comments:

Post a Comment