بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Legenda Aquatic Yang Menyeramkan dari Berbagai Negara
Go Green

Clock Link

Friday, March 9, 2018

5 Legenda Aquatic Yang Menyeramkan dari Berbagai Negara

Jika berbicara tentang makluk laut yang misterius mungkin sebagian orang pasti menyebut putri duyung bukan?! tapi tahukah kamu bahwa mereka bukan satu-satunya makhluk humanoid air. Selama berabad-abad, legenda dari seluruh dunia telah menceritakan tentang binatang berair lainnya yang menyerupai manusia. Memang, cerita semacam itu tampaknya merupakan benang merah di berbagai budaya. berikut ane paparkan beberapa legenda aquatic yang humanoid dari beberapa negara.

1. Rusalki


Menurut mitologi Rusia, rusalki (singular: rusalka) adalah wanita cantik, muda, telanjang yang muncul dari air untuk menyebarkan kelembaban ke sawah dan memberi kehidupan ke Bumi. Rusalki bukan putri duyung tapi roh wanita yang pernah hidup sebagai manusia. Pada awal legenda, diceritakan bahwa ini adalah hantu wanita yang tenggelam karena melakukan bunuh diri karena kesedihan, karena kematian anak atau suami. Rusalki pernah digambarkan sebagai wanita cantik dan terkadang bisa bernyanyi, terkikik, atau bahkan menyisir rambut mereka di tepi air. Seiring perjalanan waktu, cerita dan karya seni tentang rusalki dirubah menjadi zombie yang muncul dari kuburan berair mereka. Legenda kemudian lebih memusatkan pada hikayat wanita yang dibunuh dan dibuang di danau atau sungai. Zombie rusalki akan muncul dari air untuk berjalan di darat dan membalas dendam pada orang-orang yang membunuh mereka. 


2. Adaro


Lautan bisa menjadi tempat yang sangat ganas. Jika pelaut sudah pergi terlalu lama, mereka kadang-kadang bisa berubah menjadi gila. Di Kepulauan Solomon, mereka hal itu terjadi maka penduduk setempat banyak menyalahkan ini akibat perbuatan makhluk yang disebut adaro.Adaro memiliki Wajah dan tubuh yang tampak seperti pria tanpa rambut di kepala dan mata hitamnya. Semuanya berwarna abu-abu dengan ekor seperti hiu dan bernapas di bawah air melalui insang di belakang telinganya. Menurut legenda, adaro akan menunggu orang jatuh ke air. Jika seseorang telah banyak berdosa, adaro akan menyedot semua bagian kepribadiannya yang baik dan hanya meninggalkan sisi kemanusiaan yang paling gelap. 


3. Ipupiar


Ipupiara legendaris monster laut Amerika Selatan yang ditutupi rambut dan memiliki kumis yang sangat lebat. Dikatakan ipupiar dapat membunuh pelaut di lepas pantai Brasil dengan mencekik mereka sampai mati dengan tangannya. Kemudian, ia akan memakan bola mata mereka serta ujung jari tangan, jari kaki, dan bahkan alat kelamin mereka. Selama tahun 1500an, penjelajah mengklaim telah membunuh Ipupiara dengan menusukkan pedang ke perutnya. Mereka menjual mayat itu ke dokter kaya Denmark bernama Thomas Bartholin. Dia memeriksa mayat itu dan memastikan bahwa makhluk itu memiliki kepala dan batang tubuh dari seorang pria yang sangat berbulu, namun bagian bawahnya seperti ikan. 


4. Orang Finfolk


Di Skotlandia dan Irlandia, cerita tentang orang-orang finfolk adalah bagian mitos besar dari cerita rakyat setempat. Selama musim dingin, keluarga finfolk dipercaya tinggal di sebuah kota di dasar samudera bernama Finfolkaheem. Di musim panas, mereka tinggal di sebuah pulau bernama Hildaland, yang bisa muncul dan hilang sesuka hati, sehingga tidak mungkin ditemukan oleh manusia. Dipercaya bahwa makhluk ini bisa berubah menjadi pria dan wanita yang cantik untuk menarik manusia ke dalam air. Mereka adalah penyerupa bentuk yang bisa berubah dari ikan utuh menjadi manusia utuh atau di antara keduanya, seperti putri duyung. Dipercaya bahwa orang-orang finfolk ingin berhubungan seks dengan manusia karena rasanya seperti obat mujarab mereka untuk memperpanjang umur mereka.


5. Yacuruna


Penduduk asli yang tinggal di hutan hujan Amazon percaya pada makhluk air yang disebut yacuruna. Yacuruna dipercaya tinggal di kota bawah laut yang seperti refleksi kehidupan di darat, hanya semuanya terbalik. Istana mereka terbuat dari kristal, dan dihiasi dengan mutiara dan sisik yang bersinar. Yacuruna digambarkan sebagai makluk menyeramkan dimana terdapat ular yang melingkar di punggungnya , dan biasanya mengendarai buaya, atau kura-kura kura berukuran besar. Yacuruna menyerupai manusia, kecuali bahwa kepala, tangan, dan kaki berada di belakang. Yang lain mengklaim bahwa humanoids ini hanya memiliki tangan, kaki, dan kulit berselaput. Legenda mengatakan bahwa jika seorang manusia pernah ditangkap oleh seekor yacuruna, mereka akan mulai berubah menjadi satu, dimulai dengan mata berguling ke belakang.

No comments:

Post a Comment