بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 'Jailangkung' Menelan Biaya Sekitar Rp 10 Miliar
Go Green

Clock Link

Saturday, June 3, 2017

'Jailangkung' Menelan Biaya Sekitar Rp 10 Miliar



WowKeren.com - 16 tahun setelah kesuksesan "Jelangkung", duo sutradara Jose Purnomo dan Rizal Mantovani kembali menggarap film horor bertema boneka pemanggil arwah. Bukan sekuel, remake ataupun prekuel, film bertajuk "" kali ini akan menghadirkan kisah baru dengan pemain yang berbeda. 

Tak main-main, film "Jailangkung" diproduksi dengan biaya yang cukup besar. Bahkan Jose Purnomo mengklaim film ini sebagai film termahal yang pernah diproduksinya. 

"Bisa dibilang ini film horor termahal yang pernah saya buat," ungkap Jose. "Kalau ditaksir mungkin buat film ini senilai dengan kita buat 2-3 film lainnya." 

Meski tak menyebutkan nominal pastinya, Jose mengisyaratkan pengeluaran film ini mencapai Rp 10 miliar. Biaya tersebut berkali-kali lipat dari ongkos produksi "Jelangkung" (2001) yang hanya memakan dana sekitar Rp 1 miliar. 

"Pekerjaan seperti pemilihan produser, promosi, segala macam saya biayanya saya enggak tahu," terangnya. "Cuma yang berhubungan langsung dengan produksi mendekati Rp 10 miliar, itu belum sama apa-apa lagi segala macam." 

Jose menambahkan, awalnya ia bersama timnya hanya menarget Rp 6-8 miliar untuk biaya produksinya. Dirasa tidak mungkin, Jose akhirnya menaikkan anggarannya menjadi Rp 10 miliar. 

Sebagian besar dana tersebut dialokasikan untuk keperluan selama produksi, termasuk akomodasi. Pembuatan film ini saja memerlukan beberapa lokasi di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Nusa Tenggara Barat, Bali, Purwokerto, hingga Jakarta. "Mahalnya karena pertama faktor lokasi dan akomodasi. Itu yang paling mahal" jelas Jose. (wk/kr)

No comments:

Post a Comment