بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Cara Mengetahui Makanan Basi
Go Green

Clock Link

Sunday, February 12, 2017

Cara Mengetahui Makanan Basi


Umumnya setiap orang akan mengendus atau mencium makanan untuk mengetahui basi atau tidaknya makanan yang disimpan di kulkas. Namun, rupanya cara tersebut bukan cara paling tepat untuk mengetahui makanan basi.

Menurut Lydia Buchtmann dari Food Safety Information Council, aroma atau bau makanan bukanlah tes untuk mengetahui basi atau tidaknya suatu makanan yang telah lama menginap di dalam kulkas.

“Banyak orang yang bergantung untuk mengendus makanan, tetapi itu tidak ada gunanya sama sekali karena bakteri akan membusuk di bagian dalam makanan,” kata Buchtmann.

Bakteri pembusuk yang berada di dalam makanan tidak secara langsung menampakkan bentuk atau bau yang signifikan. Buchtmann juga menegaskan bahwa makanan basi bisa saja berpenampilan baik dan terlihat layak dimakan, tetapi bakteri pembusuk tersebut akan menggerogoti komposisi makanan.

Meskipun bakteri yang menyebabkan makanan busuk ini tidak mempengaruhi masalah kesehatan, ujar Buchtmann, tetapi ketika Anda mencoba untuk memakannya akan terasa sangat tidak enak.

“Makanan yang belum mengeluarkan bau mungkin terlihat baik-baik saja, tetapi jika Anda memakannya akan membuat Anda sangat sakit dan keracunan,” ujarnya.

Food Standards Australia New Zealand menerangkan bahwa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan tidak akan mengubah tampilan fisik makanan secara umum, baik dari bau dan rasanya. Biasanya jenis bakteri seperti ini berasal dari kotoran hewan atau tanah.
Untuk menghindari makanan basi Anda harus menyimpan pada suhu yang tepat. Hal ini juga bisa membantu mencegah penyakit dan berkembangnya bakteri dalam makanan dikutip dari ABC News, Senin (19/12/2016).

READ SOURCE

No comments:

Post a Comment