بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Temperatur Capai 36,5 Derajat Celcius di Denpasar
Go Green

Clock Link

Saturday, March 26, 2016

Temperatur Capai 36,5 Derajat Celcius di Denpasar

Inilah Penyebab Temperatur di Denpasar Capai 36,5 Derajat Celcius


Bisnis.com, DENPASAR- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat suhu rata-rata di Bali pada Maret mencapai 32-33 derajat Celcius, dan maksimum absolut berkisar 36-7 derajat Celcius .

Tingginya suhu tersebut ada beberapa faktor, yakni posisi matahari di sekitar garis equator menuju bumi belahan utara, dan sedikitnya tutupan awan.

Kabid Datin BMKG Wilayah III Nyoman Gede Wirya Jaya menuturkan berdasarkan data pengamatan, wilayah Bali saat ini dalam masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Di mana prediksi awal musim kemarau 2016 di wilayah Bali di mulai dari Nusa Penida, Kabupaten Klungkung pada akhir aret dan akan diikuti oleh wilayah lainnya pada bulan berikutnya.

"Terkaitan dengan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, maka sebaran awan yang ada di wilayah Bali sangat sedikit, sehingga radiasi matahari dapat langsung ke permukaan bumi," jelasnya melalui pesan singkat, Jumat (25/3/2016).

Kendati sedikitnya awan menyebabkan peluang kejadian hujan sangat sedikit, tetapi tidak menutup kemungkinan hujan dapat terjadi dengan intensitas yang tinggi dan durasinya singkat. Dia menegaskan sifat tumbuh awan yang dapat terjadi secara lokal (sporadis) seperti saat ini, hujan masih terjadi di wilayah Bali bagian tengah dan utara serta sebagian barat Bali.

Hasil pengamatan temperatur udara di beberapa stasiun pengamatan BMKG, terpantau bahwa suhu di wilayah Denpasar dan sekitarnya cukup tinggi dibanding wilayah lainnya. Pada beberapa hari kebelakang tercatat temperatur udara maksimum berkisar 36,5 derajat Celcius, tetapi hal itu masih dalam batasan normal. Menurutnya, suhu disebut ekstrim bila sudah 3 derajat Celcius di atas rata-ratanya.

No comments:

Post a Comment