بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kerudung Bersertifikat Halal
Go Green

Clock Link

Thursday, February 4, 2016

Kerudung Bersertifikat Halal

http://www.wowkeren.com/images/news/


WowKeren.com - Baru-baru ini dunia fashion dihebohkan dengan munculnya pernyataan sebuah brand hijab yang mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Hal tersebut diketahui dari postingan pihak brand Zoya di media sosial. 

"Alhamdulillah Zoya mendapatkan sertifikat dari MUI sebagai kerudung halal di Indonesia. Zoya, cantik, nyaman, halal," tulis akun @zoyalovers beberapa waktu lalu. Pernyataan tersebut ternyata mengundang sejumlah reaksi dari netter. 

Netter mempertanyakan tentang penyebab kerudung dianggap halal atau haram. Bahkan tidak sedikit pula mereka yang mencibir dan melontarkan kritikan. 

"Plis deh. Jilbab halal. Segala aja dihalalin. Nanti yang bukan zoya Haram, gitu? Ckck," komentar seorang netter. "Emang ada yang nggak halal," ujar netter lain. Menanggapi hal ini, baik pihak Zoya maupun MUI pun memberikan penjelasan. 

"Kerudung halal mulai dirilis pertamakali sejak Zoya berdiri namun baru tersertifikasi sekarang melalui MUI Jawa Barat," tutur Creative Director Shafco, Sigit Endroyono. "Kerudung halal adalah kerudung yang menggunakan kain halal dalam arti pada saat proses pencucian menggunakan bahan alami/tumbuhan sedangkan untuk kain nonhalal menggunakan dari bahan nonhalal." 

Sementara itu, perwakilan MUI, Farid Mahmud juga menyebutkan hal senada dengan Sigit. Menurutnya, sertifikasi produk sebaiknya tidak hanya diberikan untuk jilbab namun juga barang-barang gunaan (selain pangan) lain. 

"Tidak hanya makanan-minuman saja yang minta sertifikat halal tapi juga produk gunaan banyak yang menghasilkan sertifikat halal," terang Farid Mahmud. "Ada laundry, dia menyediakan sabun cuci dan airnya terjamin dari najis. Bahkan pabrik kertas terbesar di Indonesia juga mengajukan sertifikasi halal karena kertasnya digunakan untuk kertas Al-Quran." (wk/kr)

No comments:

Post a Comment