بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Foto Imigran Berjilbab Ini Memenangkan WMA Open Photo Contest 2015
Go Green

Clock Link

Sunday, November 1, 2015

Foto Imigran Berjilbab Ini Memenangkan WMA Open Photo Contest 2015


SRIPOKU.COM --- Foto tunggal karya fotografer Hongkong kelahiran Filipina, Phey Palma, memenangkan WMA Open Photo Contest 2015.

Foto berjudul "Identity 1" ini mengetengahkan pose seorang gadis muslim yang cantik, mengenakan jilbab dan duduk di atas tumpukan koper.

Palma menyebut objeknya sebagai bagian dari satu keluarga imigran asal Timur Tengah yang mencoba mencari peruntungan di Hongkong.

Foto ini menyisihkan 10 foto finalis lain (termasuk karya lain dari Palma yang berjudul "Identity 2") karena dewan juru menganggapnya mewakili kecenderungan perubahan pandangan sosial terhadap kaum pendatang di tengah-tengah masyarakat Hongkong.

"Para imigran ini memang tetap menjadi minoritas yang di sejumlah bidang terposisikan marginal. Namun secara umum, mereka sudah diterima dengan sikap jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Paling tidak, perbedaan perlakuan tidak lagi terlalu kentara," ucap Siu Wai Hang, salah seorang anggota dewan juri, seperti dikutip Coconut Hongkong, kemarin.

"Selain keindahan yang muncul dari komposisinya yang sederhana, kekuatan terbesar foto ini adalah upaya untuk menyuarakan kesamaan hak. Warga Hongkong, etnis China, dan kaum pendatang termasuk imigran muslim, asalkan memenuhi tiap-tiap aturan bernegara, memang memiliki hak hidup yang sama," katanya menambahkan.

Dewan juri juga memilih foto berjudul "Coming of Age" karya Zion Cheng sebagai foto pilihan warga. Foto ini memperoleh paling banyak 'like' saat diposting di media sosial.

Foto terbaik mendapatkan hadiah sebesar 20 ribu dolarHongkong, sedangkan foto favorit diganjar 15 ribu dolarHongkong.(ags/tribunmedan)

No comments:

Post a Comment