بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bantuan Malaysia Siap Tangani Kebakaran Hutan Indonesia, Singapura Ditunda
Go Green

Clock Link

Friday, October 9, 2015

Bantuan Malaysia Siap Tangani Kebakaran Hutan Indonesia, Singapura Ditunda

Bantuan Malaysia Siap Tangani Kebakaran Hutan Indonesia, Singapura Ditunda

detik - Jakarta - Pemerintah Malaysia telah mengirimkan bantuannya guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia. Namun untuk Singapura bantuan baru akan dikirimkan hari ini.

Bantuan yang dikirimkan pemerintah Negeri Jiran itu tiba di Lanud Palembang, Jumat (9/10/2015) petang. Beberapa peralatan yang dimiliki Malaysia diboyong ke Indonesia untuk memadamkan api di beberapa titik kebakaran.

"Bantuan yang datang berupa satu pesawat CL415 Bombardier, satu pesawat Hercules C-130, 41 personil, dan logistik untuk water bombing," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/10/2015).

Untuk bantuan yang akan dikirimkan pemerintah Singapura, kata Sutopo, baru akan dikirimkan Sabtu pagi ini. 

"Menurut Atase Udara Singapore di Jakarta, melaporkan bahwa bantuan dikirim pagi ini karena terkendala jarak pandang. Jarak pandang di Palembang hanya berkisar 800 meter. Jarak pandang ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas bandara setempat yang mengisyaratkan 1.000 meter sebagai jarak pandang minimum," jelas Sutopo.

Bantuan dari Singapore dan Malaysia ini akan bergabung dengan tim Indonesia untuk memadamkan api dan asap di Sumatera Selatan. Saat ini pemerintah Indonesia sudah menempatkan kekuatan 5 helikopter water bombing yaitu MI-171, 2 unit MI-8, Bell-214 dan Bolkow. Ada juga 2 pesawat Air Tractor water bombing dan 1 Casa 212 dan akan ditambah helicopter water bombing dari BNPB.  
(ahy/idh)

No comments:

Post a Comment