بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Terlihat Piramida dan Wajah di Mars
Go Green

Clock Link

Thursday, June 11, 2015

Terlihat Piramida dan Wajah di Mars

Foto Planet Mars: Tampak  Piramida & Wajah, Ada Kehidupan?  

TEMPO.COJakarta -Curiosity, robot seukuran mobil milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang menjelajah planet Mars, mengirim gambar ke Bumi yang menunjukkan sebuah piramida berada di Mars. Para penggemar teori konspirasi mengklaim bahwa foto itu sebagai bukti adanya peradaban mahluk luar angkasa.

Foto yang mirip dengan Piramida Besar di Mesir itu dipotret kamera Curiosity pada 7 Mei 2015. Piramida itu diperkirakan sebesar sebuah mobil. Tapi, banyak orang menduga itu cuma formasi batu-batuan Mars yang tak sengaja membentuk piramida.

Namun, kanal YouTube ParanormalCrucible menekankan bahwa tujuan dari 'rancangan dan bentuk nyaris sempurna itu sebagai 'hasil dari rancangan intelijen dan pastilah bukan permainan cahaya dan bayangan'. Foto ini membuat kehebohan di Internet dan disiarkan berbagai media online. Demikian disiarkan Mirror pada Selasa 23 Juni 2015.


 Piramida Raksasa
Sebetulnya bukan sekali ini misi NASA ke Mars mendapat foto piramida. Sebuah piramida raksasa di wilayah yang dinamai Cydonia pernah ditemukan dalam misi Viking pada 1976.
Piramida itu panjangnya hampir 3 kilometer dan tingginya 1 kilometer. Piramida menghebohkan ini dinamai 'D&M Pyramid', mengacu pada nama dua penelitinya, DiPietro dan Molenaar.


Wajah di Mars




Yang lebih heboh lagi dari misi Viking pada 1976 itu adalah bahwa dia juga mengirim gambar sebuah bukit berbentuk wajah manusia yang terletak di dekat D&M Pyramid, seperti terlihat di atas.

Penjelasan Ilmiah
Tapi, tampaknya citra 'piramida' dan 'wajah' itu terjadi karena kekurangjelasan foto yang didapat pertama kali. Karena, dalam kasus bukit wajah itu, pemotretan misi NASA berikutnya (1998 dan 2001), yang makin jelas dan tajam, menunjukkan bahwa 'Wajah di Mars' tak lain dari sebuah mesa, sebuah bukit berbentuk meja dengan permukaan atasnya rata. Mesa banyak ditemukan di Amerika dan Afrika.
Jadi, 'Wajah di Mars' jelas hanya sebuah bukit biasa. Bagaimana dengan piramida? meskipun terkesan rumit, ternyata formasi geologis seperti itu dapat ditemukan juga di Bumi. Mereka biasanya terbentuk karena tertutup glasier atau beku karena cuaca. Beberapa contohnya adalah Gunung Assiniboine di Kanada dan Matterhorn di Swiss.
Sayangnya, semua itu barulah tafsir atas citra fotografi. Salah satu cara untuk menyelesaikan perdebatan soal apakah piramida dan wajah itu bikinan alien atau alamiah adalah dengan  mengirim geolog ke sana.
"Mars adalah tempat khusus, dia mengingatkan kami pada rumah... suatu hari kami akan ke sana," kata Jim Garvin, kepala peneliti Mars Exploration Program NASA yang meneliti 'Wajah di Mars'.


MIRROR | UNIVERSE TODAY | SCIENCE@NASA | IWANK
sumber: s

No comments:

Post a Comment