بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Don Ricthie, Pria Tua yang Mampu Mencegah Bunuh Diri dengan Senyuman
Go Green

Clock Link

Tuesday, August 19, 2014

Don Ricthie, Pria Tua yang Mampu Mencegah Bunuh Diri dengan Senyuman

Hanya dengan Senyuman, Pria Ini Mampu Hentikan Percobaan Bunuh Diri

DREAMERSRADIO.COM - Hampir 50 tahun, seorang pria asal Australia bernama Don Ricthie menjalani pekerjaan mulai yaitu menghentikan orang-orang yang mencoba melakukan bunuh diri. Selama hidupnya, ia mampu menghentikan sekitar 160 orang yang mencoba bunuh diri di sebuah tebing bernama ‘The Gap’ yang menjadi lokasi populer bunuh diri.
Dilansir The Sydney Morning Herald, Don Ricthie yang memang tinggal di dekat tebing tersebut mampu menghentikan orang-orang yang ingin bunuh diri hanya dengan senyuman dan juga kata-kata yang manis.
Meski ia kini telah meninggal dunia beberapa tahun lalu saat usianya 85, ia kini masih diingat sebagai malaikat the Gap atau ‘Angel of the Gap’. Ritchie memilih untuk tinggal tepat di seberang jalan The Gap, jadi mudah baginya untuk mengentikan orang-orang yang ingin bunuh diri.
Ritchie berjalan setiap pagi dan melihat ke luar jendela demi melihat apakah ada seseorang yang mencoba melompat dari tebing. Jika ia melihatnya, ia secara perlahan akan mengampirinya, tersenyum, dan mengatakan, “Apakah ada sesuatu yang bisa aku lakukan untuk membantumu?”
Kedengarannya memang sangat simpel, namun trik tersebut terbukti berhasil. Ritchie mampu berbicara dari hati ke hati dan mengajak orang-orang tersebut mengunjungi rumahnya dan minum teh atau sarapan bersama.  
“Itulah yang dibutuhkan untuk membuat orang berubah pikiran, dan ia (Ritchie) mengatakan jangan meremehkan kekuatan dari sebuah senyuman dan kata-kata manis,” tutur anak perempuan Ritchie, Cue Ritchy Bereny.
Rictchie terus tinggal di rumah tersebut hingga meninggal dunia di tahun 2012. “Aku rasa bukankah hebat tinggal di sini dan bisa membantu orang lain?” tutur Ricthie di masa hidupnya. Di tahun 2006, Ricthie bahkan diberi penghargaan Medali dari Order of Australia karena jasanya tersebut. Sayangnya di tahun selanjutnya Ritchie harus berperang melawan kanker hingga akhirnya meninggal pada Mei 2012.
(ctr)
Image: Ojoyvius, The Telegraph

No comments:

Post a Comment