بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 1 Ramadan Diperkirakan Jatuh pada 29 Juni
Go Green

Clock Link

Wednesday, June 4, 2014

1 Ramadan Diperkirakan Jatuh pada 29 Juni


TEMPO.COMakassar - Kementerian Agama Sulawesi Selatan memperkirakan 1 Ramadan 1435 Hijriyah 2014 jatuh pada hari Ahad, 29 Juni mendatang. "Kami akan melakukan rugyatul hilal pada Sabtu sore, 28 Juni nanti. Sekaligus menunggu keputusan Kementerian Agama," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Muhammad Gazali Suyuti, Ahad, 1 Juni 2014.
Menurut Gazali, rugyatul hilal yang akan dilakukan di Mall Global Trade Center tersebut akan dihadiri oleh semua pemuka agama, termasuk dari kalangan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan tokoh agama. "Peneropongan dilakukan pada sore hari untuk mengetahui penetapan awal Ramadan," ujar Gazali.
Wakil Ketua Pimpinan Nahdlatul Ulama Sulsel Muhammad Arfah Siddiq mengatakan, untuk penetapan bulan Ramadan, kalangan NU hanya mengikuti keputusan dari pemerintah. Namun sidang isbat masih akan dilakukan secara terbuka dengan melibatkan semua tokoh agama. "Kita akan melakukan peneropongan di Lantai 4 Mall GTC untuk mengetahui bulan Ramadan jatuh pada tanggal berapa," kata Arfah.
Menurut Arfah, pihaknya menduga bahwa akhir bulan Sya'ban jatuh pada Sabtu 28 Juni mendatang. Sebab, jauh sebelum Ramadan ditetapkan, semua pemuka agama telah menentukannya. "Tapi kita ikut pemerintah saja sesuai dengan hadis Rasulullah. Ikutilah Allah, lalu Rasulmu, kemudian pemimpinmu. Jadi kami sami'na waata'na (kami dengar dan taati)," ujar Arfah.
Arfah menjelaskan, ketika sidang isbat dilakukan, maka sudah bisa diketahui 1 Ramadan jatuh pada tanggal berapa. Sebab, bulan sudah kelihatan seperti rambut meskipun hanya sepintas. Karena itu, kata dia, awal Ramadan belum bisa ditetapkan sebelum bulan mencapai 2 derajat. "Kalau bulan masih di bawah 2 derajat, itu belum bisa dianggap 1 Ramadan. Jadi nanti di atas 2 derajat baru bisa dikatakan masuk Ramadan," tutur Arfah.
Sekretaris Muhammadiyah Cabang Makassar Ilham Hamid mengatakan kalangan Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 28 Juni mendatang. Sesuai dengan ketetapan Pimpinan Pusat Muhammadiyah berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. "Kita tetapkan 1 Ramadan 1435 Hijriyah pada hari Sabtu. Jadi malamnya kita sudah melakukan salat tarawih," kata Ilham.

No comments:

Post a Comment