بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Pemerintah Acuh, Potensi Pulau Kecil USD 76 M Terancam Lenyap
Go Green

Clock Link

Friday, May 30, 2014

Pemerintah Acuh, Potensi Pulau Kecil USD 76 M Terancam Lenyap


MERDEKA.COM. Pulau -pulau kecil di Indonesia merupakan harapan bangsa karena menyimpan potensi yang luar biasa. Dari data Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, potensi sektor perikanan di pesisir dan pulau kecil Indonesia mencapai USD 47 miliar. Kemudian sektor pariwisata nilainya mencapai USD 29 miliar. Jika ditotal maka potensi pulau kecil Indonesia mencapai USD 76 miliar.
Program Officer Ekosistem Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), Basuki Rahmad mengatakan pulau kecil dan pesisir Indonesia kini terancam karena perubahan iklim dan pemanfaatan yang merusak seperti pertambangan. Padahal Indonesia adalah negara nomor satu di dunia sisi wisata bahari.
"Wisata bahari dalam bentuk ekowisata mempunyai potensi besar karena dapat memberdayakan ekonomi masyarakat, investasinya untuk membangun ekowisata tidak besar," ucap Basuki dalam keterangannya yang diterima merdeka.com di Jakarta, Kamis (22/5).
Pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia ini juga memiliki isu serius dari sisi kedaulatan negara. Masih banyak pulau-pulau berpenghuni yang belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Mereka merasa diambil sumber dayanya akan tetapi tidak mendapatkan imbal balik yang setimpal.
"Kekecewaan seperti ini tentunya mengancam kesatuan negara ini," tambahnya.
Basuki mengajak masyarakat dan pemerintah agar lebih peka terhadap kehidupan dan keberlanjutan pulau terpencil dan pesisir Indonesia. Potensi pulai kecil dan pesisir Indonesia terancam dan harus dicarikan solusi segera.
"Ini juga karena pemanasan global yang merusak terumbu karang. Hal ini menjadi lebih buruk karena kerusakan yang diakibatkan oleh kegiatan manusia," tutupnya.

No comments:

Post a Comment