بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Pulau Moyo "Great Escape" Para Bintang dan Selebritis dunia.
Go Green

Clock Link

Tuesday, December 31, 2013

Pulau Moyo "Great Escape" Para Bintang dan Selebritis dunia.


Pulau Moyo adalah satu pulau terindah dari sekian banyak pulau di Indonesia, Travelers dan Wisatawan dalam negeri mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan Pulau Moyo. Namun untuk wisatawan mancanegara, Pulau Moyo ini sangat dikenal oleh mereka bahkan menjadi Destinasi impian mereka untuk berlibur dan menyendiri. Pulau Moyo ini terletak di utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). sebagian besar Travelers yang saya tanya tentang Pulau Moyo ini beranggapan kesini sangat mahal karena selama ini Pulau Moyo identik dengan Amanwana Resort, sebuah Resort berbintang lima dengan fasilitas yang sangat mewah menjadikan incaran liburan para selebriti kelas dunia dan mempunyai Rate 1000 dollar permalam.

Di resor mewah inilah mendiang Putri Diana mendatangi pulau ini dengan yachtnya pada pertengahan Agustus 1993 mengunjungi Pulau Moyo. Selama tiga hari Putri Diana tinggal di pulau eksotis yang tenang dan jauh dari kebisingan serta keramaian itu untuk menikmati alam Moyo. ya karena aksesnya yang sangat terbatas pada tahun tersebut membuat orang luar mengunjungi pulau ini susah, setelah kedatangan Putri Diana Nama pulau ini pun kian mendunia. Sejumlah artis Hollywood, termasuk musisi Mick Jagger, serta mantan kiper nasional Belanda dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar pernah bertandang ke pulau ini. maka tidak salah jika Pulau Moyo sangat dikenal oleh Wisatawan luar sebagai "Great Escape" para bintang & Selebritis dunia.



Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo, Air Terjun yang paling jernih di Indonesia.

oleh karena image tersebutlah Pulau Moyo identik dengan Wisata Mahal, padahal Travelers dan Backpackers juga bisa hemat kalau ingin mengunjungi pulau ini. memang prasarana dan transportasi di Pulau Moyo ini terbilang sulit, karena jika ingin kesana kita harus menunggu kepastian kapal penumpang ke Desa Labuan Aji Moyo yang belum tentu jadwalnya, alternatif lain kita bisa menyewa perahu dari Sumbawa Besar dengan rate Rp 900.000 sampai dengan Rp 1.400.000 idealnya memang kita harus lebih dari 4 orang agar Traveling lebih efisien. kalau banyak orang mengenal penginapan pulau Moyo hanya di AmanWana itu adalah salah besar, kita bisa menginap di Desa masyarakat Bima di Desa Labuan Aji yang berada di Pulau Moyo, disini ada 2 homestay dengan harga mulai Rp 150.000 perkamar sudah termasuk 3x makan dalam sehari.




Sebagian Besar Pantai di Pulau Moyo sangat sepi, pulau berasa milik sendiri

Pulau Moyo masuk dalam Kabupaten Sumbawa, Bagi Kabupaten ini Pulau Moyo adalah ikon pariwisata Sumbawa karena keindahan alamnya dan sangat terkenal di dunia internasional. "Moyo dalam bahasa Samawa berarti 'tengah' sehingga dimunculkan Festival Moyo pada September 2013. untuk mengunjungi Destinasi Wisata di Pulau Moyo ini dibutuhkan 3 hari saja, dan ada apa saja sih di Pulau Moyo ini? berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Moyo :


Air Terjun Mata Jitu


ya di Pulau Moyo tidak hanya Pantai, disini juga terdapat Air Terjun yang sangat indah. Air terjun Mata Jitu ini dapat ditempuh dari desa Labuan Aji dengan sepeda motor atau ojek sekitar 25 menit dengan membayar ongkos ojek dan kontribusi ke dusun Labuan Aji. sepanjang perjalanan menuju air terjun, kita dapat menikmati pemandangan alam seperti rumah tradisional Masyarakat Bima, peternakan sapi, perkebunan jambu mete dan hutan. di Air Terjun ini mengalir air yang sangat jernih, bahkan selama saya mengelilingi Indonesia baru kali ini saya menemukan sungai yang sangat sangat jernih. kita bisa melihat dasar sungai yang punya kedalaman lebih dari 3 meter. Air Terjun Mata Jitu salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika ingin menikmati Pulau Moyo. oiya Putri Diana dan Petenis Maria Sharaprova pernah mandi disini lho.



Air Terjun Diwu Mbai


Diwu Mba'i adalah air terjun yang terletak di dusun Brang Rea. Air Terjun ini dekat dari dusun Labuan Aji sehingga banyak masyarakat terutama anak anak mandi disini, Di air terjun ini ada sebuah ayunan diatas air terjun nya sehingga kita bisa berayun-ayun di atas air terjun dan lompat ke dalam air yang segar. untuk menuju ke Air terjun ini bisa dicapai dengan jalan kaki atau sekitar 20 menit dengan motor dari dusun Labuan Aji.



Pantai Poto Jarum


sebuah pantai di Pulau Moyo dan merupakan pantai Privat, tapi orang lain boleh kok kesini. Poto Jarum yang artinya Ujung Jarum adalah sebuah kawasan lindung di Pulau Moyo. Kawasan ini memiliki pantai yang begitu indah dengan berpasir putih. Pantai nya sangat cocok untuk beraktivitas snorkeling atau berjemur. Tips yang ingin kesini bisa berjalan ke ujung pantai, disini anda akan menemukan batu bebatuan yang sangat indah untuk difoto. puas memotret nah baru deh snorkling dan berjemur.


Pantai Tanjung Pasir


Pantai Tanjung Pasir terletak diujung selatan Pulau Moyo. Di tanjung pasir ini terdapat beberapa bale yang belum selesai terbangun. Pantai Tanjung Pasir ini merupakan spot Snorkling terbaik di Pulau Moyo, keanekaragaman karang dan ikan yang berwarna warni sangat disarankan untuk snorkling disini. sayangnya dipantai ini banyak sekali sampah, dan kurang diperhatikan oleh Pemda Setempat.di Pantai Tanjung Pasir ini biasa juga dijadikan tempat beristirahat bagi para nelayan sebelum kembali ke daratan, sehingga kita bisa memotret pantai dengan objek perahu perahu nelayan. Untuk mencapai Tanjung Pasir, kita dapat pergi melalui Sumbawa Besar dengan perahu motor nelayan sekitar 1,5 jam. Tempat yang paling dekat untuk mencapai Tanjung Pasir adalah dari desa Ai Bari dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dengan menggunakan perahu motor nelayan. Desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan dari Sumbawa Besar sekitar 1 jam.


Pantai Labuan Aji


Pantai ini merupakan pantai paling ramai, karena letaknya di depan dusun Labuan Aji Moyo. lokasi ini merupakan tempat favorite saya, selain pantainya yang indah kita bisa melihat aktivitas nelayan para penduduk desa, banyak aktivitas nelayan yang sangat bagus untuk difoto. disini kita juga bisa menikmati sunset dan mengabadikan siluet yang indah.




Desa Labuan Aji


Desa ini ditempati oleh Suku Bima, mereka datang kesini untuk berkebun dan bertani. yang menarik disekitar desa ini adalah aktivitas penduduk desa dan rumah panggung Tradisional yang masih terjaga. masyarakat dan penduduk dusun Labuan Aji ini sangat ramah, sehingga terasa betah dan ingin sekali rasanya berlama lama didusun ini.



Pantai Oi Wontu


dinamakan Oi Wontu diambil dari Bahasa Moyo yaitu Air Mendidih, dinamakan seperti ini karena air di Pantai ini sangat jernih dan riak riak kecil membuat menjadi seperti air mendidih saking indahnya, landscape dilokasi ini juga sangat menawan sehingga kita bisa puas memotret.


dengan keindahan alam dan budaya Pulau Moyo tak heran bukan kalau Pulau ini merupakan "Great Escape" para selebriti dunia, yang ingin menyendiri dan menikmati liburan dengan tenang. buat Travelers dan Fotografer yang ingin hunting ke Pulau Moyo ini bisa ke Sumbawa Besar, banyak pesawat dan angkutan darat menuju kesini. khusus ke Pulau Moyo untuk transportasi lautnya memang terbatas, ada angkutan kapal masyarakat desa yang beroperasi 2x dalam seminggu. sayangnya untuk jadwalnya belum tentu kapan pastinya, jika tidak ingin menunggu bisa menyewa sendiri kapal dengan budget Rp 800.000 sd Rp 1.400.000 tentunya bisa berhemat jika patungan lebih dari 4 orang. yuk tunggu apalagi kemasi pakaian dan kamera siap siap pergi ke Pulau Moyo.


Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma

www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)

www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)

Twitter @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

No comments:

Post a Comment