بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Jokowi Masuk Daftar 'Leading Global Thinkers' 2013
Go Green

Clock Link

Tuesday, December 10, 2013

Jokowi Masuk Daftar 'Leading Global Thinkers' 2013

Jokowi Masuk Daftar 'Leading Global Thinkers' 2013  

TEMPO.CO, Washington - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, masuk dalam daftar The Leading Global Thinkers of 2013 yang dimuat dalam edisi khusus Majalah Foreign Policy tahun ini. Foreign Policy adalah majalah yang diterbitkan oleh salah satu divisi group Washington Post Company, yang mengulas soal isu-isu hubungan luar negeri.

Dalam daftar pemikir terkemuka itu, ada 134 nama para pemimpin dan pemikir dunia, mulai dari Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Iran Hasan Rouhani, Presiden Brazil Dilma Rousseff, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan tokoh lainnya.

Dalam daftar itu, yang berada dalam posisi paling atas adalah Edward Snowden. Eks analis badan intelijen sinyal AS, National Security Agency (NSA). Ia membocorkan aksi spionase yang dilakukan badan intelijen AS dan sekutunya, yang membuat hubungan negara adidaya itu dengan tetangganya tegang.

Foreign Policy menempatkan Jokowi dalam daftar nomor 39, setelah Tamara Morshakova. Presiden Vladimir Putin menyebut Tamara sebagai pengacara terbaik negara ini. Tamara juga mantan hakim di Mahkamah Konstitusi Rusia dan pernah menjadi Dewan untuk Masyarakat Sipil dan Hak Asasi Manusia Presiden Vladimir Putin.

Dalam ulasannya tentang Gubernur DKI Jakartta itu, Foreign Policy menilai bahwa Jokowi tak seperti politisi Indonesia umumnya yang berduit, berasal dari sebuah dinasti politik, dan memiliki hubungan dengan banyak orang. "Jokowi setia dengan kesederhanaannya seperti dulu," kata Foreign Policy.

Kata Foreign Policy, mungkin ia begitu populer sehingga muncul istilah Jokowimania. Jika ia maju dalam pemilihan presiden, ada kemungkinan ia akan sulit dikalahkan. Ada harapan bahwa jika ia menjadi presiden, ia akan mengulangi prestasi baiknya selama ini.

No comments:

Post a Comment