بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Korban Topan Haiyan Mencapai 10 Ribu Orang
Go Green

Clock Link

Sunday, November 10, 2013

Korban Topan Haiyan Mencapai 10 Ribu Orang

Korban Topan Haiyan Mencapai 10 Ribu Orang

TEMPO.CO, Tacloban - Pejabat polisi senior Filipina mengungkapkan bahwa korban topan terkuat di dunia, Topan Haiyan atau Yolanda mencapai 10 ribu orang, Ahad, 10 November 2013.

Hari Jumat, Topan Haiyan menghancurkan sekitar 70-80 persen wilayah yang dilaluinya di Provinsi Leyte, kata Direktur Polisi Regional Elmer Soria.

Sebagian besar kematian disebabkan oleh naiknya air laut yang membawa puing-puing, mirip tsunami. Akibatnya, rumah-rumah dan orang-orang tenggelam.

Badan bencana nasional Filipina belum memastikan jumlah korban. Hari Sabtu, pemerintah memperkirakan jumlah korban sedikitnya 1.000 orang.

»Kami bertemu semalam dengan gubernur dan pejabat lain. Menurut perkiraan gubernur, 10 ribu orang tewas,” kata Soria seperti dikutip Reuters. »Kerusakannya sangat besar.”

Para saksi dan pejabat menggambarkan situasi ibu kota Leyte, Tacloban porak poranda. Di kota berpenduduk 220 ribu orang dan terletak 580 kilometer di tenggara Manila itu, ratusan jenazah tertumpuk di pinggir jalan atau terjepit di bawah rumah-rumah yang rusak.

Kemarin, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan Kepala BNPB Syamsul Maarif untuk mempersiapkan bantuan kemanusiaan korban siklon di Filipina.

No comments:

Post a Comment