بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Makna Istimewa Pesan Ramadan Paus Fransiskus
Go Green

Clock Link

Monday, August 5, 2013

Makna Istimewa Pesan Ramadan Paus Fransiskus

Makna Istimewa Pesan Ramadan Paus Fransiskus

TEMPO.CO, Jakarta--Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia Romo Antonius Benny Susetyo mengatakan Bapa Suci Paus Fransiskus telah mengumumkan secara langsung pesan akhir Ramadan untuk umat muslim seluruh dunia. Pesan tersebut menurut Benny menjadi lebih spesial karena diumumkan langsung oleh Bapa Suci, bukan diumumkan melalui perantaranya.

"Bapa Suci selalu mengirim surat setiap tahun, tapi tahun ini istimewa karena hal tersebut diumumkan sendiri oleh Bapa Suci," kata Benny saat dihubungi, Ahad, 4 Agustus 2013. Dia menjelaskan, biasanya, surat ditandatangani oleh Ketua Komis Hubungan Antaragama Kardinal, Louis Taurant.

Menurut Benny, Bapa Suci ingin menunjukkan persaudaraan yang lebih mendalam. "Pengumuman langsung oleh pope, menunjukkan adanya perhatian besar terhadap umat muslim sebagai saudara," ujar dia.

Paus mengatakan kalau terjadi kerisauan antaragama, terutama di antara umat Kristen dan Muslim, Paus meminta untuk secara khusus menghormati para pemimpin agama dan tempat-tempat ibadah. "Betapa menyakitkan serangan terhadap mereka," kata Paus.

Tahun ini, umat Islam akan merayakan Idul Fitri tanggal 8 dan 9 Agustus 2013. Saat Misa menandai awal pelayanan kepausannya, Paus sangat menghargai kehadiran begitu banyak pemimpin sipil dan agama dari dunia Islam. "Dengan kata-kata ini, saya ingin menekankan sekali lagi betapa pentingnya dialog dan kerjasama antarumat beragama, khususnya Kristen dan Muslim, dan kebutuhan untuk itu harus ditingkatkan.

No comments:

Post a Comment