بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Seorang Siswi Meninggal karena Ikut MOS di Bantul
Go Green

Clock Link

Saturday, July 20, 2013

Seorang Siswi Meninggal karena Ikut MOS di Bantul


Seorang siswi di Bantul tewas saat mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang diwajibkan bagi siswa baru.

Kejadian nahas itu menimpa Anindya Ayu Puspita, siswi baru SMK 1 Pandak, Bantul. Saat itu Jumat (19/7), siswi warga Daleman, Sanden itu tengah mengikuti kegiatan MOS atau biasa dikenal Ospek yang diperuntukkan bagi siswa baru sebagai pengenalan lingkungan sekolah.

Guru Olah Raga SMK 1 Pandak Edi Sutoro kepada wartawan di RS PKU Muhamadiyah Bantul Jumat (19/7) petang menceritakan, awalnya tak terjadi apa-apa dengan Anindya Ayu Puspita.

Kala itu sehabis salat berjamaah pada pukul 15.00 WIB, peserta MOS dikumpulkan oleh pantia yang merupakan kakak kelas Anindya.

Mereka dikumpulkan guna mengecek kelengkapan MOS untuk persiapan kegiatan baris berbaris.

Apes, Anindya tak membawa perlengkapan sepatu olahraga seperti yang diperintahkan panitia MOS. Karena tak disiplin, ia lalu diperintahkan scott jump sebanyak 10 kali.

Selesai menjalani hukuman, Anindya diperintahkan kembali ke barisan untuk mengikuti baris berbaris. Namun, baru mulai kegiatan baris berbaris, putri pasangan Bambang dan Harni itu langsung pingsan.

“Setelah pingsan langsung dilarikan ke sini [RS PKU Muhamadiyah Bantul],” kisah Edi Sutoro.

Yah, almarhumah Anindya emang salah/lalai/lupa tidak membawa apa yang diperintahkan panitia MOS. Tapi apakah karena kelalaian itu nyawa pantas dikorbankan????

Tapi Panitia MOS juga tidak bisa lepas dari kata "LALAI". Seharusnya Panitia MOS juga tidak boleh lalai menanyakan ataupun mengecek kondisi fisik para peserta MOS/OSPEK untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diharapkan.

MOS/OSPEK itu harus ASYIK, bukan UDIK dan USIK! 

http://www.harianjogja.com/baca/2013/07/19/siswi-meninggal-akibat-ospek-disuruh-scot-jump-siswi-di-pandak-pingsan-lalu-meninggal-428287?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

No comments:

Post a Comment