بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Harga Satu "Card Reader" e-KTP adalah Rp 5 Juta
Go Green

Clock Link

Thursday, May 16, 2013

Harga Satu "Card Reader" e-KTP adalah Rp 5 Juta


Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Marzan Iskandar, menyebutkan harga alat pembaca kartu (card reader) tanda penduduk elektronik (e-KTP) bisa mencapai Rp5 juta per unit.

"Tim teknis kami mengasumsikan sekitar Rp5 juta. Kalau produksi dalam jumlah banyak, harganya bisa turun lagi," kata Marzan ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan BPPT saat ini masih mematangkan rancangan "card reader" tersebut.

Alat pembaca e-KTP rencananya dirancang dengan berat sekitar 100 gram dan layar sebesar kartu e-KTP.

Untuk membaca e-KTP milik warga, petugas tidak perlu menghubungkan "card reader" tersebut dengan perangkat komputer.

"Card reader itu bisa digunakan tanpa membutuhkan perangkat tambahan dan sudah ada layar yang akan menampilkan data penduduk dari `chip` e-KTP," katanya.

Dengan alat tersebut dapat diketahui apabila e-KTP milik seseorang sedang disalahgunakan oleh pihak lain.

Setelah e-KTP diletakkan di alat tersebut, maka pemiliknya akan dipindai sidik jarinya untuk membuktikan bahwa e-KTP tersebut miliknya. Selain itu, `card reader` juga dapat memeriksa apakah e-KTP asli atau palsu.

Sebelumnya, dalam Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 471.13/1826/SJ, tertanggal 11 April 2013, dijelaskan bahwa e-KTP tidak diperkenankan difotokopi, distapler, dan diperlakukan hingga merusak fisik kartu.

Sebagai penggantinya dicatat nomor induk kependudukan (NIK) dan nama lengkap warga yang bersangkutan.

"Apabila masih terdapat unit kerja atau badan usaha yang memberikan pelayanan tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena sangat merugikan masyarakat, khususnya pemilik e-KTP," demikian bunyi surat edaran tersebut.

Sementara itu, Mendagri mengklarifikasi bahwa SE tersebut diterbitkan bagi pejabat pemerintah daerah agar segera memiliki alat "card reader".

Mendagri berharap agar instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah, telah menyiapkan "card reader" tersebut sebelum 2014 sehingga pada bulan Januari 2014 penggunakan e-KTP dapat diimplementasikan secara terintegrasi. 

http://m.antaranews.com/berita/374465/harga-satu-card-reader-e-ktp-rp5-juta

No comments:

Post a Comment