بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Alhamdulillah, Mulai Tanggal 14 April 2013i Adzan Berkumandang di Swedia
Go Green

Clock Link

Saturday, April 13, 2013

Alhamdulillah, Mulai Tanggal 14 April 2013i Adzan Berkumandang di Swedia


Hari Jumat lalu (14 April 2013) adalah hari istimewa bagi Muslim Swedia. Pasalnya, pada hari itu adzan boleh dikumandangkan di negara itu. Muslim Swedia pun, untuk pertama kalinya mendengar adzan dari pengeras suara masjid, Juma’t (11/4) sore ini.

Yang membuat momen ini terasa istimewa kumandang azan ini bertepatan dengan pelaksanaan shalat Jumat. Adalah Masjid Fittja Ulum di Stockholm, ibu kota Swedia, menjadi masjid pertama di Swedia yang mengumandangkan adzan shalat Jum’at jam 12 siang waktu setempat atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketua Islamic Cener Botkyrka, Ismail Okur, menyatakam momentum ini sangat dinantikam Muslim Swedia yang begitu rindu dengan kumandang azan. 

"Jujur, saya sangat bahagia," katanya seperti dikutip Republika dari Sveriges Radio.

Menurut Okur, peristiwa ini sangat bersejarah karena perjuangan komunitas Muslim terbayar lunas. Islam dan Muslim diakui pemerintah Swedia. 

Sebelumnya, Muslimin Stockholm mengajukan perizinan adzan tersebut sejak bulan Januari lalu kepada pemerintah kota. Sederhana, mereka hanya meminta dispensasi untuk melantunkan azan sebelum shalat Jumat.

Dewan Kota Stockholm pun kemudian menyelenggarakan pungutan suara terkait adzan tersebut. Hasilnya, suara bulat setuju panggilan shalat bagi Muslimin dikumandangkan dari menara masjid. [IK/Rpb]

http://www.bersamadakwah.com/2013/04/alhamdulillah-hari-ini-adzan-mulai.html

No comments:

Post a Comment