بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Biola Saksi Bisu Tragedi Titanic akan Dilelang
Go Green

Clock Link

Monday, March 18, 2013

Biola Saksi Bisu Tragedi Titanic akan Dilelang


Biola yang dimainkan oleh Wallace Hartley, pemimpin band musik di kapal Titanic yang tenggelam pada 1912, akan dilelang. Kepastian itu diungkapkan oleh rumah lelang di Inggris, Henry Aldridge & Son, Jumat (15/3).

Henry Aldridge & Son mengatakan alat musik itu telah menjalani berbagai tes untuk menentukan asal-usulnya. Setelah menghabiskan dana besar, diperoleh kepastian bahwa itu memang biola yang dimainkan oleh Wallace Hartley untuk menenangkan para penumpang ketika kapal hendak tenggelam.

Di antara mereka yang turut meneliti keaslian biola itu adalah para ahli forensik pemerintah dan ahli forensik dari Universitas Oxford. Para peneliti mengatakan tidak diragukan lagi bahwa Hartley mengikatkan biola di tubuhnya ketika kapal Klik Titanic tenggelam yang menewaskan 1.517 orang, termasuk dirinya. 

Alat musik itu mengalami kerusakan parah dan sekarang tidak bisa digunakan. Tapi, biola itu ditaksir bisa laku mencapai ratusan ribu dolar di lelang nanti.

Para peneliti mengatakan biola ini merupakan artefak paling penting dari kapal Titanik yang muncul selama ini.

Beberapa korban selamat Titanic sebelumnya menceritakan mereka ingat betul ketika band musik pimpinan Wallace Hartley tampil di geladak kapal di tengah kepanikan para penumpang.

Saat itu, penumpang berusaha pindah ke sekoci setelah Titanic menabrak gunung sekitar 565 kilometer dari Newfoundland pada 15 April 1912.

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/16/3/138768/Biola-Saksi-Bisu-Tragedi-Titanic-akan-Dilelang

No comments:

Post a Comment