بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Di Aceh Orang Meninggal Dilantik Jadi Pejabat
Go Green

Clock Link

Saturday, February 9, 2013

Di Aceh Orang Meninggal Dilantik Jadi Pejabat

TEMPO.CO


Banda Aceh -Aneh tapi nyata. Orang yang sudah meninggal setahun lalu, namanya masuk dalam pelantikan pejabat eselon III dan IV di jajaran Pemerintah Aceh. 

Dari informasi yang dikumpulkan Tempo, Kamis 7 Februari 2013, nama Rahmad Hidayat, SH, MH dilantik menjadi pejabat eselon IV sebagai Kasubbag Pembinaan Hukum Kabupaten/Kota pada Biro Hukum Setda Aceh. Padahal Rahmat telah meninggal pada Januari 2012 silam. 

Namanya masuk dalam daftar 422 orang yang dilantik sebagai pejabat sesuai SK Gubernur Aceh. Pelantikan dilakukan pada 5 Februari lalu. "Namanya disebutkan dalam pelantikan, padahal pak Rahmad sudah meninggal," kata sumber Tempo, yang meminta namanya tak ditulis. 

Sontak kejadian itu menjadi isu hangat di Aceh saat ini. "Ini karena kecerobohan dan tidak telitinya badan kepegawaian. Juga kurang siapnya tim yang menyeleksi calon pejabat," kata Syukri Abdullah, akademisi Universitas Syiah Kuala. 

Kepada Tempo, Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan (BKPP) Aceh, Nasrullah mengatakan mengakui kekeliruan tersebut. "Ada sangat banyak nama yang harus diundang dan dilantik. Mungkin yang mengusulkan namanya tidak mengetahui sudah meninggal. Keliru ini manusiawi dan janganlah dibesar-besarkan," katanya. 

Menurutnya, kekeliruan telah diperbaiki beberapa jam sebelum pelantikan. Namanya kemudian dicoret dan menurutnya nama Rahmad tidak dipanggil lagi saat pelantikan berlangsung. "Tidak benar informasi yang mengatakan namanya dipanggil untuk dilantik," ujar Nasrullah. 

"Saya heran, kenapa isu ini kemudian dibesar-besarkan, padahal kami telah memperbaiki kekeliruan," jelasnya.

No comments:

Post a Comment