بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Salam/Sapaan Terunik di Dunia
Go Green

Clock Link

Sunday, February 10, 2013

5 Salam/Sapaan Terunik di Dunia

5. Thailand

Di Thailand, orang2 melakukan waiketika mereka bertemu. Mereka merapatkan kedua telapak tangan dengan posisi jari2 mengarah ke atas. Kemudian mereka akan memposisikan telapak tangan tsb sesuai dengan tingkat hubungan orang2 yang mereka sapa. Sebagai contoh, ketika mereka menyapa teman, orang2 Thailand memposisikan telapak tangannya di depan dada karena bagi mereka teman2 adalah setara. Namun, ketika mereka menyapa orang2 yang dihormati--guru, orang tua, atau sesepuh--mereka memposisikan telapak tangan mereka di kening. Dan, ketika mereka bertemu dengan orang yang sangat sangat dihormati, mereka akan berlutut, membungkuk, dan waimenggunakan telapak tangan di kening. 

 




4. Perancis 

Di Perancis, orang2 sering melakukan "air kiss" ketika mereka bertemu dengan orang yang mereka kenal. Mereka membungkuk sedikit, menempelkan pipi2 mereka, dan membuat suara ciuman *muacchhhh...* Kemudian mereka berganti pipi dan melakukannya lagi. *muacchhhh...* Di Paris, orang2 melakukan salam ini sebanyak empat kali namun, di beberapa wilayah Perancis, mereka biasa melakukannya dua sampai tiga kali. Para pria hanya cipika-cipiki dengan pria lainnya jika mereka adalah teman dekat atau anggota keluarga. Namun para wanita Perancis hampir selalu cipika-cipiki terhadap pria maupun wanita yang mereka kenal. Ketika pertama kali kenalan, mereka hanya berjabat tangan saja.






3. Jepang

Di Jepang, orang2 membungkuk ketika mereka bertemu. Sama halnya dengan wai, cara orang2 Jepang membungkuk akan menunjukkan hubungan dan situasi yang terjalin. Sebagai contoh, dalam situasi resmi, ketika orang2 Jepang bertemu dengan orang yang dihormati, maka mereka akan membungkuk hampir 45 derajat dengan tatapan mata menghadap ke bawah. Semakin lama mereka membungkuk, semakin rendah mereka membungkuk, dan semakin banyak jumlah mereka membungkuk, maka semakin besar pula rasa hormat itu. Di situasi semi-formal ketika mereka bertemu untuk pertama kali, orang2 Jepang membungkuk sekitar 15 derajat. Dan di situasi kasual sehari2, ketika bersama teman2, mereka hanya menganggukkan kepala dan pundak seraya saling melihat. 






2. Selandia Baru

Orang2 penduduk asli di Selandia Baru, suku Maori, melakukan hongiketika mereka bertemu pertama kali dengan seseorang. Mereka meletakkan tangan kiri mereka ke atas pundak orang yang mereka sapa dan tangan kanan saling berjabat tangan. Kemudian, masih dalam posisi yang sama, keduanya saling membungkuk ke depan hingga hidung dan keningnya saling bersentuhan selama beberapa detik. gerakan tubuh ini bermakna bahwa pikiran mereka saling berhubungan dan mereka bernafas dengan menghirup udara yang sama.







1. Indonesia 

Di Indoensia, orang2 terbiasa menyapa dengan saling berjabat tangan atau salim. Berjabat tangan adalah sesuatu yang baik dan bagian dari kesopanan. Bahkan orang yang tidak mau berjabat tangan ketika bertemu atau hadir di suatu pertemuan, biasanya, dianggap sebagai orang sombong. Berjabat tangan juga memiliki pengaruh dalam menghilangkan kedengkian hati dan permusuhan sekaligus merupakan ciri orang2 yang hatinya lembut. 

Selain itu, di beberapa daerah orang2 Indonesia memiliki tradisi sungkeman yang aslinya berasal dari budaya Jawa. Sungkeman, berasal dari kata sungkem yang berarti cium tangan, disimbolkan sebagai wujud hormat dan bakti khusus dari kalangan muda kepada pihak yang lebih tua. Jaman sekarang, sungkeman tidak hanya ditemui ketika acara2 tertentu saja seperti pernikahan atau Idul Fitri, namun juga di berbagai kesempatan yang akan dijelaskan lebih detail di bawah. 

Salam dan Salim: 

 


Sungkeman di berbagai kesempatan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia: 

RI 1: 



Artis: 



Anak punk: 



Anak kecil: 



Ngantri: 



Politisi: 



Di sawah: 



Kepada guru: 



Kepada sesepuh: 



Kepada polisi: 



sumber: Google, Wikipedia, & Buku Postcards

No comments:

Post a Comment