بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Singkatan Nama Jalan Tol di Indonesia
Go Green

Clock Link

Sunday, January 6, 2013

Singkatan Nama Jalan Tol di Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_jalan_tol_di_Indonesia


Purbaleunyi: 


Jalan Tol Purbaleunyi adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan Purwakarta dan Cileunyi. Pada awal mulanya, jalan tol ini hanya terdiri dari ruas Padalarang - Bandung - Cileunyi saja, yang merupakan jalan lingkar selatan Bandung (dibangun pada tahun 2000-2001). Selanjutnya, pada tahun 2004-2005, pembangunan ruas Purwakarta - Padalarang dilaksanakan.

Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Perbatasan antara kedua jalan tol tersebut adalah di Simpang Susun Dawuan yang berada di Kilometer 67.


Cipularang: 


Ruas jalan tol : Cikampek - Purwakarta - Padalarang
Daerah : Jawa Barat
Panjang : 52 KM
Dibuat tahun : 2005

Jalan Tol Cipularang (CIkampek - PUrwakarta - PadaLARANG) adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung. Jalan tol ini selesai dibangun pada akhir April 2005. Tol ini membentang dari Cikampek - Purwakarta sampai Padalarang. Tol ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik-turun dan juga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi. Sehingga diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang tinggi dalam melintasi tol ini karena sering terjadi kecelakaan. 


Padaleunyi: 


Ruas jalan tol : Padalarang - Cileunyi
Daerah : Jawa Barat
Panjang : 64,4 KM
Dibuat tahun : 1989 - 1992

Jalan Tol Padalarang-Cileunyi adalah jalan tol yang menghubungkan Jalan Tol Cipularang. Jalan tol ini adalah jalan lingkar selatan Bandung. Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan Jakarta dengan Bandung tetapi juga Sumedang, Garut, Nagreg, Ciamis, dan Tasikmalaya. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.


Jakarta Merak: 


Jalan Tol Jakarta-Merak adalah jalan tol yang dibuat pada tahun 1984 setelah Jalan Tol Jagorawi pada tahun 1978. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak. Panjang jalan tol ini adalah 98 kilometer dan terbagi atas 2 bagian: Jalan Tol Jakarta-Tangerang dengan lajur 3×2 yang dikelola PT Jasamarga (Persero) dan Jalan Tol Tangerang-Merak dengan lajur 2×2 yang dikelola PT Marga Mandalasakti.


Jarang: 


Ruas jalan tol : Jakarta - Tangerang
Daerah : Jakarta - Banten
Panjang : 33 KM
Dibuat tahun : 1984 - 1992

Jalan Tol Jakarta - Tangerang adalah jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Kota Tangerang. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta-Merak (98 km). Kilometer 0 berada di Tomang, Jakarta Barat, dan berakhir di Kilometer 98 di Merak.


Tangerang - Merak: 


Ruas jalan tol : Tangerang - Merak
Daerah : Banten
Panjang : 75 KM
Dibuat tahun : 1985

Jalan Tol Tangerang-Merak adalah jalan tol yang menghubungkan Kota Tangerang dan Pelabuhan Merak. Jalan tol ini juga merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Kilometer 0 berada di Tomang, Jakarta, dan berakhir di Kilometer 98 di Merak.


Jagorawi: 


Ruas jalan tol : Jakarta - Bogor - Ciawi
Daerah : Jakarta - Jawa Barat
Panjang : 59 KM
Dibuat tahun : 1973 - 1978

Jalan Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama di Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 1973, menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol ini dibangun dengan biaya Rp350.000.000,00 per kilometer pada kurs rupiah ketika itu.

Jalan tol Jagorawi dikelola oleh PT. Jasa Marga Indonesia. Jagorawi sendiri merupakan singkatan kata dari (Ja)karta - Bo(gor) - Ci(awi). Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor.


Japek: 


Ruas jalan tol : Jakarta - Cikampek
Daerah : Jakarta - Jawa Barat
Panjang : 72 KM
Dibuat tahun : 1988

Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebuah jalan tol dari Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur menuju Cikampek, Karawang. Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Purwakarta.


Belmera: 


Ruas jalan tol : Belawan - Medan - Tanjung Morawa
Daerah : Sumatera Utara
Panjang : 42,7 KM
Dibuat tahun : 1987 - 1990

Jalan Tol Belmera, atau singkatan dari Belawan - Medan - Tanjung Morawa, adalah sebuah jalan tol di wilayah Sumatera Utara yang menghubungkan ketiga wilayah tersebut. Jalan tol ini merupakan satu-satunya yang dikelola Jasa Marga di luar Jawa. Dibangun oleh kontraktor Takenaka Nippo Hutama dan konsultan Jepang PCI (Pacific Consultant International) Jalan tol ini mulai beroperasi pada 1986. Jalan tol ini menghubungkan Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa.


Palikanci: 

Ruas jalan tol : Palimanan - Kanci
Daerah : Jawa Barat
Panjang : 26,3 KM
Dibuat tahun : 1991 - 1999

Palikanci, singkatan dari jalan Tol Palimanan-Kanci adalah Jalan Tol yang berlokasi di kota Cirebon. Jalan tol ini selesai pembangunannya pada tahun 1998.


Warunda: 


Ruas jalan tol : Waru - Juanda
Daerah : Jawa Timur
Panjang : 8,23 KM
Dibuat tahun : 2007

Jalan tol Waru - Juanda adalah jalan tol sepanjang 12,8 kilometer yang mengubungkan antara Bundaran Waru, Sidoarjo Selatan Kota Surabaya dengan bandara Internasional Juanda. Jalan tol Ini nantinya akan terhubung ke Jalan Tol Surabaya - Mojokerto (Tol SUMO) yang hingga kini baru diresmikan sesi 1a dari Bundaran Waru - Sepanjang sepanjang 2,3 KM.


Somar: 


Ruas jalan tol : Solo - Semarang
Daerah : Jawa Tengah
Panjang : 57 KM
Dibuat tahun : 2008

Jalan Tol Semarang - Solo adalah jalan tol di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jalan Tol Semarang - Solo menghubungkan kota Semarang dengan Surakarta. Tol ini mulai dibangun tahun 2009 oleh Jasa Marga dan diperkirakan akan selesai tahun 2012.


Palindra: 

Ruas jalan tol : Palembang - Indraraya
Daerah : Sumatera Selatan
Panjang : 40 KM
Dibuat tahun : Baru rencana


 

Ruas jalan tol : Jalan Tol Lingkar Luar Bogor (Bogor Ring Road)
Daerah : Jawa Barat
Panjang : 11 KM
Dibuat tahun : 2009

Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Ring Road adalah nama rangkaian jalan tol sepanjang 11 kilometer yang melingkari kota Bogor, menghubungkan Sentul Selatan hingga Dramaga. Pemasangan tiang pancang dilakukan pada 23 November 2005 dan peresmian pembangunan konstruksi dilaksanakan pada 14 Maret 2008. Jalan tol ini dibangun dan dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar yang merupakan perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (55%) dengan PT Jasa Sarana Jabar (45%), sebuah BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Barat.


Cijagan: 


Ruas jalan tol : Kanci - Pejagan
Daerah : Jawa Barat, Jawa Tengah
Panjang : 35 KM
Dibuat tahun : 2008 - 2010

Jalan Tol Kanci - Pejagan adalah jalan tol yang menghubungkan Kanci yang berada di Cirebon hingga Pejagan di Brebes. Tol ini dimiliki oleh PT Semesta Marga Raya, anak usaha Bakrie Toll Road yang juga memiliki Esia dan dibangun oleh PT. Adhi Karya dengan nilai investasi Rp 2,2 Trilyun. Tol sepanjang 35 kilometer ini mulai beroperasi pada 26 Januari 2010.


No comments:

Post a Comment