بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Selalu Berkeringat Saat Makan
Go Green

Clock Link

Saturday, December 29, 2012

Selalu Berkeringat Saat Makan

yahoo.com

 
 
Tanya: Halo dokter. Aku mau nanya, kenapa sih aku selalu berkeringat setiap kali aku makan? Berkeringatnya seperti habis olahraga berat. Baik itu makan panas pedas atau makannya sama sekali tidak pedas, tetap berkeringat. Apa aku punya kelainan atau penyakit? Mohon penjelasan.

Rian


Jawab: Hai Rian,

Sebetulnya berkeringat menunjukkan kondisi tubuh yang sehat. Tapi jika keringat keluar berlebih, pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman, misalnya saat sedang makan.

Saat kita makan, metabolisme di dalam tubuh akan meningkat. Peningkatan metabolisme ini akan turut meningkatkan suhu panas pada tubuh, kemudian tubuh akan berusaha mengeluarkan lagi panas tersebut dengan cara berkeringat.

Terutama saat kita sedang makan makanan yang pedas, ditambah lagi dengan minuman yang hangat, keringat pasti akan keluar lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh respon saraf yang terstimulasi oleh makanan pedas tersebut. Selain pengaruh makanan, kondisi sekitar seperti cuaca yang panas juga akan berpengaruh.



 dr. Alan Goni
 
Bila keringat muncul pula setiap saat, bisa saja mengindikasikan adanya gangguan pada kesehatan Anda. Misalnya jika Anda menderita penyakit kencing manis yang bisa menyebabkan gangguan saraf di wajah. Gangguan lainnya yang berhubungan dengan keringat berlebih disebut juga sebagai sindroma Frey. Untuk kondisi ini, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) atau pun saraf (Sp.S).

dr. Alan Goni www.MeetDoctor.com

***

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, kecantikan, keuangan, fashion, atau asmara? Kirim ke tanyaahli@yahoo-inc.com

No comments:

Post a Comment