بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Mengenal Wisata Kabupaten Paser
Go Green

Clock Link

Sunday, December 23, 2012

Mengenal Wisata Kabupaten Paser

http://puji-leksono.blogspot.com/p/mengenal-wisata-paser.html


 
Kabupaten Paser adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanah Grogot. Kabupaten Paser merupakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang terletak paling selatan, tepatnya pada posisi 00 45'18,37" - 20 27'20,82" LS dan 1150 36'14,5" -1660 57'35,03" BT. Kabupaten Paser terletak pada ketinggian yang berkisar antara 0-500 meter di atas permukaan laut.


Objek wisata
 
Potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Paser cukup layak untuk dikembangkan sebagai penopang perekonomian daerah. Bahkan, baik objek wisata alam maupun objek wisata sejarah. Beberapa objek wisata di Kabupaten Paser antara lain:

Telaga Air Panas (Danum Layong) di Long Kali
Goa Jurong di Long Kali
Air Terjun Tiwei di Long Ikis
Air Terjun Gerigu di desa Samuntai, Long Ikis
Air Terjun Batu Badinding di desa Rangan, Kuaro
Air Terjun Doyam Seriam di desa Modang, Kuaro
Air Terjun Doyam Turu di desa Lempesu, Pasir Belengkong
Air Terjun Rantau Buta di Rantau Buta
Air Terjun Gunung Rambutan di Batu Sopang
Goa Alam Loyang di Batu Sopang
Goa Tengkorak di desa Kasungai, Batu Sopang
Liang/Goa Losan di Muara Komam
Liang Mangkulangit di Muara Komam
Pasir Pantai di Tanjung Harapan
Pulau Batu Kapal di Tanjung Harapan
Kandilo Plaza, pusat perbelanjaan di Tanah Grogot
Agro Wisata Trubus Sari di desa Padang Pengrapat, Tanah Grogot
Taman Hutan Raya Lati Petangis, Batu Engau
Taman Alam Lembayung di Tanah Grogot
Taman Rigari di Tanah Grogot
Museum Sadurangas di Pasir Balengkong
Batu Indra Giri
Meriam Portugis
Kompleks makam raja-raja dari Kesultanan Paser

 
Dan saya akan membahas beberapanya :

AGRO WISATA TRUBUS SARI

Obyek wisata ini terletak di Desa Padang Pengrapat berjarak sekitar 9 Km dari Tanah Grogot. Lokasi obyek dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Di kawasan agro wisata dapat dijumpai beragam pohon buah-buahan seperti rambutan, jeruk, durian dan salak pondoh. Lokasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti gazebo, mushalla, toilet dan panggung hiburan. Biasanya ditempat ini diadakan pertunjukkan music terutama
pada akhir pekan.

 
TAMAN RIGARI


 
Taman Wisata Rigari terletak di Jalan Poros Pondong. Taman ini dilengkapi dengan tempat peristirahatan (gazebo) dan panggung hiburan. Lokasinya yang berada dibawa rimbunan pohon-pohon yang besar memberikan Kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Taman ini juga dilengkapi dengan kolam yang dapat ditempati untuk bermain Sepeda Air.

 
KOLAM RENANG AWA SALANGOI


 
Kolam renang dengan standar internasional ini terletak di kompleks PDAM Tapis, Tanah Grogot. Tempat ini sering ramai dikunjungi pada akhir pekan. Banyak pengunjung menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga ditempat ini, sembari menikmati segarnya air kolam. Ditempat ini juga dilengkapi dengan beberapa permainan anak-anak dan kantin.

 
KANDILO PLAZA
Kandilo Plaza tepat berada di tengah kota Tanah Grogot. Tempat ini cocok untuk
wisata belanja. Selain berbagai macam barang dagangan, di lantai 3 para pengunjung dapat juga menikmati berbagai macam makanan dan minuman sambil menemani anak-anak bermain.

 
KECAMATAN PASER BELENGKONG

Kecamatan yang terkenal dengan kota sejarah ini terletak sekitar 5 km dari kecamatan Tanah Grogot. Lokasi ini dapat dijangkau dengan jalan darat atau melalui transportasi air melewati alur sungai Kandilo. Di Kecamatan Paser Belengkong terdapat beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya:

 
MUSEUM SADURANGAS


Museum Sadurangas merupakan eks istana kesultanan Paser. Bangunan ini berbentuk rumah panggung dengan ciri khas ukiran-ukiran yang bermotif sulur-suluran dan kaligrafi huruf arab. Berbagai koleksi benda-benda kuno dapat kita lihat ditempat ini, diantaranya: Al-Qur?an tua bertulis tangan;Tempayang guci kuno peninggalan dinasti yuan, Alat-alat rumah tangga, alat-alat kesenian dan pakaian sultan paser. Di dalam museum ini terdapat pula kerangka ikan paus bongkok dengan panjang sekitar 15 meter yang ditemukan warga Desa Selengot. Disamping museum terdapat sebuah masjid tua bernama Nurul ibadah. Kedua bangunan
peninggalan sejarah termasuk benda cagar budaya. Museum Sadurengas

 
KOMPLEKS MAKAM RAJA-RAJA PASER


Kompleks Makam Raja-Raja Paser terletak Sekitar 1 Km sebelah selatan Museum Sadurengas. Di dalam kompleks ini dapat ditemukan makam raja-raja dari Kerajaan Sadurengas. Disekitar kompleks pemakaman terdapat sebuah batu yang oleh masyarakat setempat disebut ?Batu Kilan?. Batu ini sering dijadikan media oleh para pengunjung untuk mengetahui nasibnya. Konon, apabila sebatang lidi dengan ukuran sekilan yang ditancapkan diatas batu ini mengalami penambahan panjang maka apa yang diniatkan orang tersebut akan terkabul tetapi apabila lidi itu berubah menjadi lebih pendek dari ukuran semula maka apa yang diniatkan orang itu tidak akan terkabul. Komplek Makam Raja

 
BATU INDRA GIRI DAN MERIAM PORTUGIS


Tidak jauh dari Museum Sadurangas, dapat ditemukan Batu Indra Giri dan beberapa Meriam Portugis. Batu Indra Giri adalah batu yang dibawa oleh tim ekspedisi penyebaran agama Islam dari Kerajaan Demak bernama Abu Mansyur Indra Jaya. Disekitar Batu Indra Giri dapat pula ditemukan Meriam Portugis yang merupakan sebagian peninggalan Raja-Raja pada zaman dahulu.

 
AIR TERJUN DOYAM TURU


 
Air terjun Doyam Turu terletak di Desa Lempesu sekitar 27 km dari ibukota Tanah Grogot. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Berbagai fasilitas penunjang yang dapat enambah kenyamanan pengunjung terdapat dilokasi ini, seperti Tempat Parkir yang luas, MCK, kantin dan beberapa tempat peristirahatan. Tidak jauh dari air terjun Doyam Turu juga terdapat Goa dengan bentuk serambi yang cukup luas bernama? Batulis ?. Goa ini dihuni ribuan kelelawar.
 
 
KECAMATAN BATU ENGAU 
 
TAMAN HUTAN RAKYAT (TAHURA) LATI PETANGIS



Tahura Lati Petangis saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Paser sebagai daerah tujuan wisata andalan. Areal obyek wisata yang merupakan eks-pertambangan batubara ini terletak sekitar 3 km dari ruas jalan Tanah Grogot - Kerang Dayu lintasan Trans Kaltim Kalsel wilayah selatan. Jarak dari Tanah Grogot sekitar 30 km dengan waktu tempuh diperkirakan sekitar 1,5 jam. Di obyek wisata ini telah dilengkapi dengan sarana pendukung seperti kolam pemancingan, sepeda air, tempat beristirahat, pelataran pemancingan, tempat bermain anak-anak, panggung pertunjukan and kawasan parkir.

 
KECAMATAN KUARO

AIR TERJUN DOYAM SERIAM


 
Air Terjun Doyam Seriam ini merupakan salah obyek wisata yang paling indah di Kabupaten Paser. Obyek wisata ini terletak di Desa Modang tepatnya kurang lebih 20 Km dari ibukota Kecamatan Kuaro. Lokasi air terjun Doyam Seriam berada disuatu ketinggian dikawasan Gunung Bule yang berbatasan langsung dengan pedalaman Desa Rantau Buta Kecamatan Batu Sopang. Selain Panorama Air Terjun, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang dapat dijumpai disepanjang jalan dan disekitar lokasi air terjun.

 
PONDONG


 
Lokasi obyek wisata Pondong terletak sekitar 15 Km dari Tanah Grogot. Dilokasi ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan panorama laut dan erkampungan nelayan. Kawasan ini akan ikembangkan menjadi kawasan wisata kuliner. Beberapa fasilitas yang sementara dibangun dilokasi ini antara lain Restoran Terapung, penginapan terapung yang dilengkapi dengan tempat pertemuan. Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama laut dapat menyewa perahu yang disediakan asyarakat setempat.

 
PANTAI PASER MAYANG


Paser Mayang terletak 45 Km dari Tanah Grogot. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat roda empat dan dua atau dengan kendaraan laut melalui pelabuhan Pondong dengan waktu tempuh selama 15 Menit. Dilokasi ini dapat dijumpai hamparan Paser putih.

No comments:

Post a Comment