بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 10 Tempat Wisata Dari Film-Film Terkenal
Go Green

Clock Link

Sunday, December 23, 2012

10 Tempat Wisata Dari Film-Film Terkenal

http://travel.okezone.com/topic/read/18201

Lihat Keajaiban Harry Potter di Kastil Alnwick


 
Kastil Alnwick, yang menjadi sekolah Harry Potter
Harry Potter, Inggris

Film Harry Potter meski telah rilis tahun lalu pasti masih membekas di ingatan Anda. Film yang dalam novelnya berlatar belakang di Inggris ini juga mengambil lokasi sama, di Inggris yang kental nuansa sejarahnya. Salah satunya adalah Kastil Alnwick.

Kastil ini terkenal ketika digunakan sebagai lokasi syuting film "Harry Potter". Dalam film ini, kastil Alnwick dijadikan Hogwart, sekolah dimana Harry Potter dan teman-temannya belajar sihir. Banyak wisatawan yang mengunjungi kastil ini untuk merasakan nuansa keajaibannya, dan juga melihat koleksi seni Renaissance dan porselennya.

Kastil ini merupakan rumah kediaman Duke dan Duchess of Northumberland yang berusia 300 tahun. Dulunya, kastil ini digunakan sebagai benteng, namun kini lebih sering digunakan sebagai lokasi syuting film seperti "Elizabeth" dan "Robin Hood".


Napak Tilas King Kong di Pusat Kota Manhattan


 
Empire State Building, New York
King Kong, Empire State Building

Anda yang telah menonton film King Kong, pastilah sudah tidak asing lagi dengan kota ini. New York, yang dijuluki "The City That Never Sleeps", memang kota besar modern yang sudah sering menjadi latar belakang film-film Hollywood terkenal.

Yang pasti dikunjungi wisatawan di New York tentunya Empire State Building. Gedung ini telah muncul dalam lebih dari 100 film Hollywood, salah satunya yang terkenal adalah dalam King Kong. Hewan buas tersebut diperlihatkan memanjat hingga ke puncak gedung setinggi 443,2 meter ini.

Belum lagi Times Square, jalanan penuh papan reklame berwarna-warni terang yang juga muncul dalam banyak film serta menjadi arena utama perayaan Tahun Baru. Dengan keindahan Central Park dan kemodernan Manhattan, tak heran kota asal sutradara kawakan Woody Allen ini wajib ada dalam daftar kota yang harus dikunjungi oleh para pencinta film.

 
Gurun Panas Saksi Pertempuran Transformers


 
Wadi Rum, Yordania

Transformers, Yordania

Wadi Rum atau lebih dikenal dengan nama Bukit Bulan adalah sebuah padang gurun dengan formasi batu pasir dan granit di sebelah selatan Yordania. Secara keseluruhan, pemandangan gurun ini bernuansa kemerahan dan beriklim panas layaknya gurun Timur Tengah.

Lokasinya yang tampak asing seperti permukaan planet di luar Bumi ternyata menarik hati para pembuat film Hollywood untuk menjadikannya lokasi syuting. Film-film aksi yang melibatkan mahkluk luar angkasa, seperti Red Planet, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Prometheus mengambil lokasi di gurun yang panas ini.

Menjelajah Wadi Rum akan membuat Anda bak di planet lain. Padang yang kosong dan hanya diisi beberapa potongan batu pasir raksasa, serta suku Badui yang sesekali lewat akan menemani penjelajahan Anda di gurun ini.

 
Lincahnya Angelina Jolie di Tengah Reruntuhan Angkor Wat


 
Angkor Wat
Tomb Raider, Angkor Wat

Angkor Wat, sebuah candi yang berada di Kota Angkor, Kamboja, pertama kali terkenal di kalangan wisatawan dunia setelah muncul dalam film yang dibintangi Angelina Jolie, Tomb Raider. Sejak itu, wisatawan berbondong-bondong datang ke salah satu candi terbesar di Asia Tenggara ini.

Dalam film Tomb Rider, Angelina Jolie memerankan Lara Croft, seorang arkeologis yang mencoba memecahkan misteri dengan berlari di antara labirin dan reruntuhan Angkor Wat. Penggambaran yang luar biasa itulah yang menggoda wisatawan untuk segera mengunjungi Angkor Wat.

Dalam keadaan sebenarnya, Angkor Wat bahkan terlihat lebih megah dibanding dalam film. Tak heran banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk melihat candi ini. Bahkan katanya, salah satu pemandangan matahari terbenam paling indah di Asia dapat disaksikan di Candi Angkor Wat ini.

 
Perjalanan Cinta & Spiritual Lintas Budaya


 
Ubud, Bali
Eat, Pray, Love

Film ini memang bukan film yang baru dirilis. Namun film yang dibuat berdasarkan novel berjudul sama ini menawarkan perjalanan yang dapat menjadi inspirasi Anda untuk berwisata.

Seperti misalnya mengunjungi Italia, tepatnya ke kota Naples untuk mencoba pizza terbaik di negara tersebut. Kemudian beralih ke India, tempat dimana Liz Gilbert yang diperankan Julia Roberts mendapat pengalaman spiritual.

Desa Ubud di Bali menjadi tempat pemberhentian terakhir Liz dalam pencarian "Eat,pray,Love"-nya. Keindahan Ubud diperlihatkan begitu apik dalam film ini, membuat siapapun melihat sisi lain dari Pulau Dewata. 

 
Indahnya Persahabatan di Puncak Tertinggi Jawa


 
Puncak Mahameru
5cm, Gunung Semeru

Kali ini inspirasi wisata bisa datang dari film Indonesia, 5cm. Film ini menceritakan kisah persahabatan 5 orang yang membawa mereka ke puncak tertinggi di Pulau Jawa, Puncak Semeru.

Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Dalam film ini diperlihatkan keindahan Danau Ranu Kumbolo yang luar biasa dan juga puncak mahameru yang begitu megah, yang diatasnya bagaikan melihat samudra di atas langit.

Rilisnya film 5cm ini membuat semakin banyak wisatawan yang terinspirasi untuk mendaki Gunung Semeru dan menyaksikan keindahannya. Namun ingat, untuk tetap menjaga kebersihan agar keindahan alamnya tetap terjaga.

 
Aksi James Bond di Pulau Misterius Jepang


 
Pulau Gunkanjima, Jepang
Skyfall, Gunkajima

Sudahkah Anda menonton film James Bond yang terbaru, Skyfall? Ternyata, film tersebut mengambil gambar di salah satu pulau misterius di Jepang, yaitu Pulau Gunkajima.

Gunkajima adalah salah satu pulau terpencil di lepas perairan Jepang. Pulau ini juga merupakan salah satu pulau tak berpenghuni dari sekira 505 pulau kosong lainnya di perfektur Nagasaki.

Dulunya, pulau ini adalah pulau kaya yang ramai. Pulau ini berpenghuni dari 1887 hingga 1974, dan kaya industri karena terdapat tambang batubara. Namun pada 1970an, batu bara mulai habis dan penduduk pulau ini meninggalkannya begitu saja.

Dari kejauhan, penampakan Pulau Gunkajima mirip kapal perang. Pada masa Perang Dunia II, pulau ini banyak menerima serangan kapal laut karena disangka sebuah kapal perang. Saat sampai di pulau ini, Anda akan disambut dengan reruntuhan bangunan yang akan mengingatkan Anda pada reruntuhan di Roma, Yunani, atau Petra di Yordania.

Karena itulah, meski sudah diizinkan untuk turis, Anda harus tetap hati-hati saat berada di Pulau Gunkajima. Reruntuhan dan gedung-gedungnya cukup rapuh karena faktor usia. Turis hanya diperbolehkan untuk berjalan di jalur yang khusus dibuat untuk wisata.
 
 
Kecantikan Pondicherry dalam Life of Pi


 
Pondicherry, India
Life of Pi, Pondicherry

Pondicherry, sebuah kota kecil di India yang secantik namanya. Kota ini mendadak menjadi terkenal saat film Life of Pi dirilis.

Meski dalam film garapan Ang Lee ini Pondicherry tidak terlihat banyak, namun kecantikannya yang terlihat sebentar di awal film membuat penonton terpukau. Tak heran kota ini begitu cantik, dulunya Pondicherry pernah dihuni bangsa Prancis.

Saat ini belum ada tur resmi untuk mengelilingi Pondicherry dengan tema film Life of Pi, namun badan pariwisata setempat telah menunjukkan tempat-tempat yang dapat dikunjungi turis untuk merasa seperti ada di film ini, yaitu kuil dimana Pi menemukan agama dan Kebun Raya tempat keluarganya membangun kebun binatang. 
 
 
 Wisata Bersama Bella & Edward di Forks
 

 
Forks, lokasi syuting Twilight
Twilight, Seattle

Seattle dan Pacific Northwest dulunya tak menjadi pilihan pertama wisatawan saat mengunjungi Amerika Serikat. Namun sejak film Twilight beredar, wilayah ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan.

Dalam empat film Twilight Saga yang dibintangi oleh Kirsten Stewart, Robert Pattinson dan Taylor Lutner, destinasi seperti Forks dan La Push yang ada di Pacific Northwest menjadi terkenal di kalangan wisatawan.

Bahkan ada tur khusus yang dibuat untuk para penggemar Twilight dari seluruh dunia. Anda bisa mengunjungi Bella Italia, tempat dimana Bella dan Edward kencan pertama, kemudian melihat langsung rumah Bella dan mengunjungi Pantai La Push.
 
 
Selandia Baru Berubah menjadi Negeri Hobbit!


 
Hobbiton, Selandia Baru
 
PEMILIHAN lokasi film selain harus sesuai dengan setting dan jalan cerita, tentu juga harus dapat menarik minat penonton. Beberapa lokasi sukses mendapatkan tempat di hati penonton film.

Film yang sukses juga pastinya akan membawa kesuksesan dan ketenaran bagi lokasi film yang dipilih sehingga dikunjungi banyak wisatawan. Berikut adalah beberapa lokasi di dunia menjadi terkenal setelah dijadikan tempat syuting film, seperti dilansir huffingtonpost:

The Hobbit, Selandia Baru

Sejak sutradara Peter Jackson memutuskan untuk memfilmkan trilogi The Lord of The Rings di Selandia Baru, sejak itulah penonton setia film ini terpukau akan kecantikan si negara Kiwi ini. Setelah trilogi tersebut usai, dalam The Hobbit kembali penonton diajak menjelajah Selandia Baru.

The Hobbit baru saja dirilis, bertepatan dengan libur akhir tahun yang akan segera tiba. Kota-kota kecil dan peternakan telah membuka tangannya lebar-lebar untuk menyambut wisatawan yang akan datang menghabiskan waktu di tempat indah tersebut setelah menonton film ini.

Ibukota Selandia Baru, Wellington telah mengubah namanya menjadi Middle of Middle Earth. Kota inipun mengeluarkan mata uang sementara, yaitu Dollar Middle Earth, selama pemutaran film.

Bahkan, bandaranya didesain dengan patung-patung bertema Hobbit untuk menyambut wisatawan yang datang. Selama perjalanan dengan pesawat bertema Hobbit pun, penumpang akan disajikan video keselamatan yang dibintangi para tokoh film ini. Selandia Baru memang benar-benar memaksimalkan film Hobbit untuk kegiatan promosi pariwisatanya.

No comments:

Post a Comment