بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ingin kembali ke Malaysia, TKI nekat terjun dari atas kapal
Go Green

Clock Link

Tuesday, December 11, 2012

Ingin kembali ke Malaysia, TKI nekat terjun dari atas kapal

MERDEKA.COM

Ingin kembali ke Malaysia, TKI nekat terjun dari atas kapal

Seorang TKI deportasi bernama Muhammad Musyairi nekat terjun dari kapal Pelni KM Bukit Raya saat berlayar menuju Jakarta dari Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Musyairi nekat terjun dari atas kapal karena ingin kembali bekerja di Malaysia.

"Berdasarkan keterangan awal Muhammad Musyairi usai diselamatkan, dia nekat terjun dari kapal karena ingin kembali bekerja di Malaysia," kata Perwira Operasi Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Tanjung Uban, Faisal seperti dikutip dari Antara, Selasa (11/12).

Faisal mengatakan, kemungkinan Muhammad Musyairi tidak sanggup kembali ke kampung halamannya di Tulungagung, Jawa Timur, karena dideportasi pihak Malaysia dan belum berhasil mengadu nasib di negara jiran itu.

"Mungkin banyak persoalan lain yang menyebabkan dia nekat terjun," kata Faisal.

Muhammad Musyairi berhasil diselamatkan nelayan Pulau Dendun, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau sekitar pukul 10.30 WIB usai terjun dari KM Bukit Raya sekitar 0,5 mil dari Pulau Belading yang tidak berpenghuni di wilayah Desa Dendun.

"Beruntung nelayan Pulau Dendun melihat orang yang melambaikan tangan di tengah laut minta pertolongan," kata Kepala Desa Dendun, Azman.

Azman mengatakan, kondisi TKI deportasi tersebut sudah lemas saat diselamatkan nelayan dan langsung dibawa menuju Puskesmas di Pulau Dendun.

"Kondisnya sudah sangat lemas, namun masih sadarkan diri saat mendapat perawatan pertama," kata Azman.

Muhammad Musyairi diperkirakan melompat dari kapal KM Bukit Raya sekitar pukul 10.00 WIB, satu jam setelah kapal berlayar dari Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang pukul 09.00 WIB.

Saat ini, TKI deportasi tersebut sudah mendapatkan perawatan intensif ddi Rumah Sakit Umum Daerah Tanjungpinang. Sementara itu, Ketua Satgas TKI Bermasalah Tanjungpinang, Juramadi Esram memebenarkan bahwa yang melompat dari kapal Pelni tersebut adalah TKI deportasi yang baru saja dipulangkan menuju Jakarta.

Menurut Juramadi, Satgas TKI Bermasalah memulangkan sebanyak 307 orang TKI deportasi dari Tanjungpinang menuju Jakarta dengan KM Bukit Raya, mereka terdiri dari 234 laki-laki dan 73 orang perempuan.

Para TKI deportasi yang dipulangkan ke daerah asalnya tersebut sebelumnya menghuni penampungan di Tanjungpinang setelah dideportasi Malaysia pada Jumat (6/12).

No comments:

Post a Comment